STUDI PENGARUH TENSILE STRESS TERHADAP NILAI HAMBATAN KAWAT PENGHANTAR

  • Andri Ariyanto Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh tensile stress terhadap nilai hambatan kawat penghantar. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan variabel tensile stress. Kawat yang digunakan pada penelitian ini adalah kawat tembaga dengan panjang 30 cm, 50 cm, 70 cm dan berdiameter 0,3 mm. Masing-masing panjang kawat diberikan tiga variasi beban tarik sebesar 750 g, 1000 g, dan 1250 g. Pengumpulan data dilakukan dengan mengukur tegangan dan kuat arus pada rangkaian, kemudian nilai hambatan kawat dihitung dengan menggunakan hukum Ohm. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa ada pengaruh tensile stress terhadap nilai hambatan kawat penghantar. Nilai hambatan kawat penghantar berubah dengan adanya pengaruh tensile stress walaupun perubahaannya terbilang cukup kecil. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa setiap panjang kawat penghantar, nilai hambatannya berubah seiring dengan tensile stress yang diberikan. Semakin besar tensile stress, nilai hambatan kawat penghantar semakin bertambah.


Kata Kunci: tensile stress, nilai hambatan kawat penghantar

Published
2016-05-23
How to Cite
ARIYANTO, Andri. STUDI PENGARUH TENSILE STRESS TERHADAP NILAI HAMBATAN KAWAT PENGHANTAR. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 349-356, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3606>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.