ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

  • Adiyat Makrufi Pascasarjana Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi Fluida Dinamis, dilaksanakan pada bulan Maret 2016, kelas XI IPA 2 serta XI IPA 3 SMA Negeri 9 Malang. Subjek penelitian dari 2 kelas ini sebanyak 58 siswa Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal uraian kemampuan pemecahan masalah pada materi fluida dinamis sebanyak 7 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki siswa yaitu kemampuan mengorganisasi informasi dari situasi masalah baik secara simbolik maupun visual sebesar 30%, memilih konsep dan prinsip fisika yang tepat dari masalahyang diberikan sebesar 33%, mengarahkan pada pendekatan fisika yang diambil dalam kondisi khusus pada masalah yang diberikan sebesar 7%, penggunaan prosedur matematis yang tepat sebesar 26%, mengarahkan pada perkembangan solusi yang logis, koheren, fokus pada tujuan, dan konsisten sebesar 0%


Kata kunci: Analisis deskriptif, Kemampuan pemecahan masalah, dan Fluida Dinamis.

Published
2016-05-23
How to Cite
MAKRUFI, Adiyat. ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 332-340, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3604>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.