ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA PADA MATERI FLUIDA STATIS
Abstract
Kreativitas dalam bidang pendidikan sains menjadi salah satu kebutuhan yang penting, terutama dalam konteks pembelajaran di sekolah. Salah satu disiplin ilmu sains Fisika, menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Keterampilan berpikir kreatif bertujuan merangsang keingintahuan dan melatih berpikir divergen dalam menyelesaikan permasalahan fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X SMAN 9 Malang pada materi fluida statis. Subjek penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu sebanyak 54 siswa. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal uraian keterampilan berpikir kreatif pada materi fluida statis sebanyak 6 butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa cukup rendah dengan persentase rata-rata yang diperoleh sebesar 39,76%. Secara rinci dapat dijabarkan untuk masing-masing dimensi keterampilan berpikir kreatif pada siswa adalah Fluency sebesar 33,80%, Originality sebesar 38,43%, Elaborate sebesar38,89%, dan Flexibility sebesar47,92%.
Kata Kunci: Analisis, Keterampilan Berpikir Kreatif, dan Fluida Statis