PENGEMBANGAN MODUL IPA DENGAN TEKNIK KOMIK DISERTAI KARTU SOAL DI SMP

  • Triyan Febriandika Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Dewasa ini kegiatan pembelajaran IPA hanya berpatokan kepada buku paket yang bersifat informatif dan kurang menarik motivasi siswa dalam belajar. Hal ini berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu alternatif inovasi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan memperbaiki sistem pembelajaran IPA menggunakan bahan ajar dalam bentuk modul IPA. Modul IPA dengan teknik komik disertai kartu soal merupakan bahan ajar dengan format berupa modul yang dikembangkan dengan teknik komik dimana pada soal latihan dan tes formatif dikemas menggunakan kartu soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, motivasi, dan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan modul IPA. Desain penelitian pengembangan ini ialah one-shot study case dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas modul IPA dengan kategori valid. Dengan motivasi belajar siswa 83,33% yang termasuk kategori termotivasi. Sedangkan hasil belajar siswa secara classical mendapat nilai 73,21 dengan kategori sedang.


Kata Kunci:modul IPA, teknik komik, kartu soal

Published
2016-05-23
How to Cite
FEBRIANDIKA, Triyan. PENGEMBANGAN MODUL IPA DENGAN TEKNIK KOMIK DISERTAI KARTU SOAL DI SMP. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 295-306, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3601>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.