PENGEMBANGAN MODUL IPA DENGAN TEKNIK KOMIK DISERTAI KARTU SOAL DI SMP
Abstract
Dewasa ini kegiatan pembelajaran IPA hanya berpatokan kepada buku paket yang bersifat informatif dan kurang menarik motivasi siswa dalam belajar. Hal ini berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu alternatif inovasi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan memperbaiki sistem pembelajaran IPA menggunakan bahan ajar dalam bentuk modul IPA. Modul IPA dengan teknik komik disertai kartu soal merupakan bahan ajar dengan format berupa modul yang dikembangkan dengan teknik komik dimana pada soal latihan dan tes formatif dikemas menggunakan kartu soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, motivasi, dan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan modul IPA. Desain penelitian pengembangan ini ialah one-shot study case dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas modul IPA dengan kategori valid. Dengan motivasi belajar siswa 83,33% yang termasuk kategori termotivasi. Sedangkan hasil belajar siswa secara classical mendapat nilai 73,21 dengan kategori sedang.
Kata Kunci:modul IPA, teknik komik, kartu soal