INTEGRASI LIFE SKILL EDUCATION DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MEMPERSIAPKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG UNGGUL DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA)

  • Sri Kantun

Abstract

Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah 5 (lima) bulan berjalan namun kualitas sumber daya manusia (SDM)masih menunjukkan kurang optimal. Hal tersebut tentunya menjadi salah satu faktor penghambat bagi Indonesia untuk bisa berkompetisi dengan SDM dari luar. Peningkatan kualitas sumber daya manusia di negara ini dapat dilakukan dengan mengintegrasikan Life skill education dalam proses pembelajaran khususnya di SMA.  Hal ini menjadi dimensi penting dalam proses pendidikan di Indonesia untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) pembangunan yang bermutu guna menjawab tantangan MEA untuk tetap bertahan dalam persaingan kehidupan di masa-masa mendatang. Life skill education merupakan pendidikan yang membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan belajar, menghilangkan pola piker dan kebiasaan yang tidak tepat, menyadari dan mensyukuri potensi diri untuk dikembangkan dan diamalkan, berani menghadapi problema kehidupan serta mampu memecahkan permasalahan secara kreatif.
Published
2016-05-23
How to Cite
KANTUN, Sri. INTEGRASI LIFE SKILL EDUCATION DALAM PROSES PEMBELAJARAN UNTUK MEMPERSIAPKAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG UNGGUL DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA). JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 272-281, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3599>. Date accessed: 05 june 2020.