262 TUGAS ANALISIS VIDEO KEJADIAN FISIKA DISERTAI PRAKTIKUM DALAMPEMBELAJARAN FISIKA DI SMA/MA
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang tugas analisis video kejadian fisika disertai praktikum. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran menggunakan tugas analisis video kejadian fisika disertai praktikum, mengkaji pengaruh pembelajaran menggunakan tugas analisis video kejadian fisika praktikum terhadap hasil belajar fisika siswa, dan mendeskripsikan retensi hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan tugas analisis video kejadian fisika disertai praktikum. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan menggunakan desain pre-test and post-test group design. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan antara lain deskriptif dan statistik dengan uji paired sample t -test dengan SPSS 16. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa rata-rata presentase aktivitas belajar siswa yaitu kelas X MIA 1 sebesar 77,28%, kelas X MIA 3 75,54%,dan X MIA 4 sebesar 76,95%. Keseluruhan rata-rata presentase aktivitas belajar siswa termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siswa dari ketiga kelas eksperimen, diketahui bahwa nilai signifikansi (1-tailed) yaitu 0.000<0.025. Berdasarkan hasil analisis data retensi, diketahui rata-rata presentase retensi hasil belajar siswa yaitu kelas X MIA 1 sebesar 101,53%, kelas X MIA 3 sebesar 92,93%, dan X MIA 4 sebesar 90,65%. Keseluruhan rata-rata presentase retensi hasil belajar siswa termasuk dalam kategori kuat. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa selama pembelajaran tergolong aktif, pembelajaran menggunakan tugas analisis video kejadian fisika disertai praktikum berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa, dan retensi hasil belajar siswa tergolong kuat.
Kata Kunci : tugas analisis video kejadian fisika, praktikum, aktivitas belajar, hasil belajar, retensi