KETERBACAAN DAN KELAYAKAN ISI MODUL ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE BERBASIS MULTIREPRESENTASI UNTUK SLTA KELAS X

  • Maike Sepnila Nurdiyana Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

Abstract

Artikel ini melaporkan hasil pengembangan modul ealstisitas dan hukum Hooke berbasis multirepresentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan keterbacaan dan kelayakan isi modul elastisitas dan hukum Hooke berbasis multirepresentasi untuk SLTA kelas X. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dan menggunakan desain penelitian 4D yang kemudian dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, dan Develop). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2016 di MAN 2 Jember pada kelas X IPA 3. Teknik perolehan data menggunakan tes yaitu tes uji rumpang, pre-test dan post-test. Data keterbacaan modul elastisitas dan hukum Hooke berbasis multirepresentasi diperoleh dari tes uji rumpang yang telah dikerjakan siswa. Hasil dari tes uji rumpang yaitu rata-rata siswa menjawab soal benar yaitu sebesar 41,27 atau 82,5% dan rata-rata siswa menjawab salah sebesar 8,73 atau 17,5%. Dengan demikian keterbacaan modul elastisitas dan hukum Hooke berbasis multirepresentasi dalam kategori mudah. Data kelayakan isi modul elastisitas dan hukum Hooke berbasis multirepresentasi diperoleh dari pre-test dan post-test yang kemudian nilai yang diperoleh dianalisis menggunakan N-Gain. Hasil dari rata-rata nilai pre-test sebesar 21,71 dan rata-rata nilai post-test sebesar 46,61 dan setelah dianalisis dengan menggunakan N-Gain didapatkan hasil 0,33 yaitu dalam kategori sedang.


Kata Kunci :Modul, Keterbacaan, Kelayaka Isi, Multirepresentasi.

Published
2016-05-23
How to Cite
NURDIYANA, Maike Sepnila. KETERBACAAN DAN KELAYAKAN ISI MODUL ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE BERBASIS MULTIREPRESENTASI UNTUK SLTA KELAS X. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 201-213, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3593>. Date accessed: 22 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.