PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI METODE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA DI KABUPATEN JEMBER

  • Like Dewi Karlingga Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan keterampilan proses sains dan kompetensi sikap dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai metode giving questions and getting answer serta mengkaji pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing disertai metode giving questions and gettinganswer terhadap kompetensi pengetahuan siswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan desain penelitian post test only control group. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas X MIA 5 sebagia kelas eksperimen dan X MIA 6 sebagai kelas kontrol di SMA Negeri 4 Jember. Data yang diperoleh antara lain skor keterampilan proses sains, skor kompetensi sikap, dan hasil post test. Selanjutnya data KPS di analisis dan diperoleh presentase nilai rata-rata 84,55% dengan kategori sangat baik, sedangkan data kompetensi sikap dianalisis diperoleh presentase nilai rata-rata 92,42% dengan kategori sangat baik. Pada hasil post test tersebut dianalisis yang terdiri dari uji statistik, uji normalitas, dan uji hipotesis. Dari hasil analisis independent sample T-test diperolehsignifikansi(1-tailed) sebesar0.0000.Nilaisig≤0,05makaH0ditolak dan menerimaHa bahwa adanya perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing disertai metode giving questions and getting answer dengan melatihkan keterampilan proses sains dapat meningkatkan hasil belajar di kelas X MIA 5.


Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Giving Questions and Getting Answer, Keterampilan Proses Sains, dan Hasil Belajar

Published
2016-05-23
How to Cite
KARLINGGA, Like Dewi. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DISERTAI METODE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA DI KABUPATEN JEMBER. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 192-200, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3592>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.