MODEL INKUIRI DISERTAI MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPA-FISIKA

  • Karina Fransiska Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

Abstract

ABSTRAK Artikel ini melaporkan hasil penelitian eksperimen menggunakan model inkuiri disertai media lingkungan untuk melihat pengaruh model inkuiri disertai media lingkungan terhadap hasil belajar kognitif IPA-fisika. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen yang diterapkan di kelas VIII SMP Negeri 1 Rambipuji. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design.Sampel penelitian ditentukan menggunakan metodecluster random sampling melalui teknik undian. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan post-test. Melalui hasil analisis data berupa hasil post-testoptik dengan menggunakan Independent Sample T-test diperoleh Sig.(2- tailed) sebesar 0,017 dan Sig.(1-tailed) sebesar 0,0085 atau 0,0085< 0,05. Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode tersebutmaka dapat disimpulkan bahwa model inkuiri disertai media lingkungan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kognitif IPA-Fisika pada materi optik  tahun ajaran 2015/2016 dibandingkan dengan metode direct instruction di SMP Negeri 1 Rambipuji.
Published
2016-05-23
How to Cite
FRANSISKA, Karina. MODEL INKUIRI DISERTAI MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPA-FISIKA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 185-191, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3591>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.