MODEL INKUIRI DISERTAI MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPA-FISIKA
Abstract
ABSTRAK Artikel ini melaporkan hasil penelitian eksperimen menggunakan model inkuiri disertai media lingkungan untuk melihat pengaruh model inkuiri disertai media lingkungan terhadap hasil belajar kognitif IPA-fisika. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen yang diterapkan di kelas VIII SMP Negeri 1 Rambipuji. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design.Sampel penelitian ditentukan menggunakan metodecluster random sampling melalui teknik undian. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara, dan post-test. Melalui hasil analisis data berupa hasil post-testoptik dengan menggunakan Independent Sample T-test diperoleh Sig.(2- tailed) sebesar 0,017 dan Sig.(1-tailed) sebesar 0,0085 atau 0,0085< 0,05. Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode tersebutmaka dapat disimpulkan bahwa model inkuiri disertai media lingkungan berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kognitif IPA-Fisika pada materi optik tahun ajaran 2015/2016 dibandingkan dengan metode direct instruction di SMP Negeri 1 Rambipuji.
Published
2016-05-23
How to Cite
FRANSISKA, Karina.
MODEL INKUIRI DISERTAI MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN IPA-FISIKA.
JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 185-191, may 2016.
ISSN 2721-1959.
Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3591>. Date accessed: 22 dec. 2024.
Section
Articles