PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DISERTAI PERMAINAN DOMINO FISIKA (DOMFIS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA

  • Hidayatul Munawaroh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

Abstract

Abstrak

Pembaharuan komponen pembelajaran yang dapat mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan melibatkan keterampilan proses sains merupakan hal yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing disertai permainan Domino Fisika (Domfis) terhadap keterampilan proses sains, hasil belajar siswa, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model inkuiri terbimbing disertai permainan Domino Fisika (Domfis) dalam pembelajaran fisika SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang ditentukan menggunakan teknik cluster sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah random, pre-test, post-test desain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing disertai permainan domino fisika (Domfis) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil analisis pada nilai tes keterampilan proses sains dan nilai pre-test dan post-test yang menunjukkan rata-rata nilai keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol serta ratarata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Respon yang diberikan siswa terhadap penerapan rmodel inkuiri terbimbing disertai permainan Domino Fisika (Domfis) dalam pembelajaran fisika adalah respon positif atau respon baik dengan rata-rata persentase respon siswa sebesar 79,82%.


Kata Kunci: model inkuiri terbimbing, domino fisika,keterampilan proses sains

Published
2016-05-23
How to Cite
MUNAWAROH, Hidayatul. PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DISERTAI PERMAINAN DOMINO FISIKA (DOMFIS) DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 154-165, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3588>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.