MODEL GI-GI PADA HASIL BELAJARDALAM PEMBELAJARAN FISIKA (MATERI TEORI KINETIK GAS) DI SMA
Abstract
ABSTRAK
Artikel ini melaporkan hasil penelitian eksperimen menggunakan model GI-GI untuk melihat pengaruh model GI-GI terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di kelas XI MIA SMA Negeri 4 Jember. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling melalui teknik undian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, wawancara, dan post-test. Melalui hasil analisis data berupa hasil post-test materi teori kinetik gas dengan menggunakan Independent Sample T-test diperoleh Sig.(2- tailed) sebesar 0,008 dan Sig.(1-tailed) sebesar 0,004 atau 0,004 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Model GI-GI (Group Investigation dan Guided Inquiry) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika ranah kognitif pada materi teoeri kinetik gas tahun ajaran 2015/2016 dibandingkan dengan metode direct instruction di SMA Negeri 4 Jember.
Kata kunci: Model GI-GI, teori kinetik gas, dan hasil belajar kognitif