MODEL GI-GI PADA HASIL BELAJARDALAM PEMBELAJARAN FISIKA (MATERI TEORI KINETIK GAS) DI SMA

  • Febri Galuh Maharani Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

Abstract

ABSTRAK

Artikel ini melaporkan hasil penelitian eksperimen menggunakan model GI-GI untuk melihat pengaruh model GI-GI terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di kelas XI MIA SMA Negeri 4 Jember. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling melalui teknik undian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, wawancara, dan post-test. Melalui hasil analisis data berupa hasil post-test materi teori kinetik gas dengan menggunakan Independent Sample T-test diperoleh Sig.(2- tailed) sebesar 0,008 dan Sig.(1-tailed) sebesar 0,004 atau 0,004 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Model GI-GI (Group Investigation dan Guided Inquiry) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar fisika ranah kognitif pada materi teoeri kinetik gas tahun ajaran 2015/2016 dibandingkan dengan metode direct instruction di SMA Negeri 4 Jember.


Kata kunci: Model GI-GI, teori kinetik gas, dan hasil belajar kognitif

Published
2016-05-23
How to Cite
MAHARANI, Febri Galuh. MODEL GI-GI PADA HASIL BELAJARDALAM PEMBELAJARAN FISIKA (MATERI TEORI KINETIK GAS) DI SMA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 145-153, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3587>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.