PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA KONTEKSTUAL BERBASIS FISIKA GASING (GAMPANG, ASYIK, DAN MENYENANGKAN) PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA
Abstract
ABSTRAK
Pengembangan modul pembelajaran fisika kontekstual berbasis fisika gasing pada materi suhu dan kalor di SMA bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall. Modul yang telah dibuat pada tahap pengembangan desain produk awal, diuji validitasnya melalui validasi logis dan validasi pengguna. Berdasarkan hasil uji validitas logis yang dilakukan oleh 3 orang dosen pendidikan fisika Universitas Jember tingkat validitas modul mencapai 83,3% dengan kategori sangat valid, sedangkan tingkat validitas dari validasi pengguna yang dilakukan oleh 3 guru SMA Negeri 4 Jember mencapai 91,5% dengan kategori sangat valid. Modul yang telah dinyatakan valid diujicobakan kepada siswa SMA Negeri 4 Jember kelas X MIPA 6 yang berjumlah 36 siswa untuk mengetahui efektivitas modul. Hasil uji coba lapangan menunjukkan tingkat efektivitas modul mencapai 87,52% dengan katergori sangat efektif. Dilihat dari perolehan presentase nilai validitas dan nilai efektivitas maka modul pembelajaran fisika kontekstual berbasis fisika gasing pada materi suhu dan kalor di SMA dinyatakan sangat valid dan sangat efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata
Kunci:kontekstual, fisika gasing, validasi logis, validasi pengguna, efektivitas