MODEL GI-GI (GROUP INVESTIGATION-GUIDED INQUIRY) DALAM PEMBELAJARAN GELOMBANG DI SMA/MA (Studi Pada Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa)
Abstract
ABSTRAK
Artikel ini melaporkan hasil mengujicobakan model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) dalam pembelajaran gelombang di SMA/MA. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran gelombang dan mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa selama menggunakan model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) dalam pembelajaran gelombang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen menggunakan desain post-test only control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri Arjasa pada siswa kelas XI semester genap tahun ajaran 2015/2016 mulai tanggal 2 Mei 2016 sampai 12 Mei 2016. Teknik perolehan data hasil belajar siswaberupa tes tulismelalui post test dianalisis pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample T-Test dengan bantuan SPSS 22 dan keterampilan proses sains siswa melalui observasi dan portofolio. Analisis data hasil belajar siswa dalam pembelajaran gelombang tersebut diperoleh ttes> ttabel (2,224 > 1,990) dan nilai sig (1-tailed) ≤ 0,05 yaitu 0,029 ≤ 0,05 maka hipotesis nihil (Ho)ditolak dan hipotesis alternatif (H1)diterima. Jadi model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar dalam pembelajaran gelombang. Persentase rata-rata keterampilan proses sains siswa secara keseluruhan yaitu sebesar 90,3, sehingga disimpulkan keterampilan proses sains siswa selama mengikuti pembelajaran gelombang menggunakan model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) termasuk dalam kriteria baik.
Kata Kunci: Model GI-GI, Hasil Belajar Siswa, Keterampilan Proses Sains, Gelombang