ANALISIS PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN T-PAS(THINK PAIR ANALIYZE SHARE) MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DI SMP

  • Azimatun Ni’mah Hasan Program Studi Pascasarjana Pendidikan IPA, FKIP, Universitas Jember

Abstract

ABSTRAK


Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji kegiatan pembelajaran dari pengembangan model pembelajaran T-PAS yang dianalisis berdasarkan pendekatan saintifik. Model pembelajaran T-PAS adalah gabungan dari dua model pembelajaran yang dijadikan satu dalam kegiatan pembelajaran sebagai salah satu inovasi pembelajaran yang diharapkan menjadikan lebih efektif dan efisien.Komponen sintakmatik model pembelajaran T-PAS ada empat tahap, yaitu: 1) Think, 2) Pair, 3) Analyze, dan 4) Share. Kegiatan pembelajaran diterapkan pada kurikulum 2013 yang dilaksanakan sesuai dengan pendekatan saintifik. Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran melibatkan keterampilan seperti mengamati, mengklasifikasi, mengukur, meramalkan, menjelaskan, dan menyimpulkan. Untuk menunjang terlaksananya pendekatan saintifik maka diperlukan inovasi dalam pembelajaransehingga memperoleh kemajuan hasil belajar yang diinginkan. Salah satu alternatifnya yaitu mengembangkan model pembelajaran. Kajian pengembangan model pembelajaran T-PAS ini dianalisis berdasarkan pendekatan saintifik 5M yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan dengan menggunakan lembar kerja 3.2c instrumen pelatihan pendampingan implementasi kurikulum 2013. Dari hasil analisis didapatkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dibuat pada model pembelajaran siklus penelitian sudah sesuai dengan pendekatan saintifik.


Kata Kunci: model pembelajaran T-PAS, pendekatan saintifik

Published
2016-05-23
How to Cite
HASAN, Azimatun Ni’mah. ANALISIS PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN T-PAS(THINK PAIR ANALIYZE SHARE) MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DI SMP. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 68-77, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3579>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.