PENGARUH MODEL GI-GITERHADAP KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (PADA MATERI SUHU DAN KALOR) DI SMA JEMBER
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini adalah termasuk dalam jenis penelitian quasi eksperimen. Dilakukan uji homogenitas, cluster random sampling dan teknik undian untuk menentukan sampel penelitian yaitu pada seluruh populasi kelas X-MIPA SMAN 2 Tanggul dengan sampel terpilih X-MIPA 3 dan X-MIPA 5. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) terhadap kemampuan representasi verbal, matematis, gambar dan grafik siswa, serta untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran menggunakan model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) pada materi suhu dan kalor) di SMA Jember. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 19 April sampai dengan 4 Mei 2016 di SMAN 2 Tanggul. Berdasarkan hasil uji statistik rata-rata skor representasi menunjukkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari taraf nyata (𝛼) ,sehingga dapat dikatakan melaui kriteria pengujian bahwa rata-rata nilai representasi verbal, matematis, gambar, dan grafik siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model GI-GI berpengaruh terhadap kemampuan representasi verbal, matematis, gambar dan grafik siswa. Selain itu, berdasarkan hasil dari skor hasil observasi aktivitas belajar siswa melalui lembar bimbingan, psikomotor, dan keterampilan sosial didapatkan bahwa rata-rata skor aktivitas belajar siswa adalah sebesar 89.26 %, yang artinya aktivitas belajar siswa selama pembelajaran menggunakan model GI-GI dalam kategori sangat aktif.
Kata Kunci:Model GI-GI, kemampuan multi-representasi, aktivitas belajar