UJI DAYA AKTIF DAN KUAT PENERANGAN PADA LAMPU

  • Angke Latifa Dinar Suwandi Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

Abstract

ABSTRAK


Salah satu upaya penghematan energi listrik yang bisa dilakukan adalah memilih lampu yang hemat menggunakan energi listrik. Lampu yang memiliki daya (watt) yang besar tidak berarti bahwa lampu tersebut lebih terang tetapi lampu dengan watt yang besar sudah pasti biaya tagihan listriknya lebih mahal. Daya aktif (real power) adalah daya yang terpakai untuk melakukan energi sebenarnya atau daya yang sebenarnya dibutuhkan oleh beban. Kuat penerangan di suatu bidang ialah fluks cahaya yang jatuh pada 1 m2 dari bidang tersebut, dengan satuan lux. Pada penelitian ini, lampu yang digunakan adalah jenis lampu pijar, lampu CFL ulir, dan lampu LED. Uji daya aktif menggunakan alat ukur power analyzer, sedangkan untuk uji kuat penerangan menggunakan alat ukur luxmeter. Hasil dari uji daya aktif adalah lampu CFL ulir dan lampu LED memiliki rata-rata daya aktif yang sesuai dengan daya yang tertera pada kemasan produk. Lampu pijar 25 W dan 60 W memiliki rata-rata daya aktif yang lebih rendah daripada yang tertera pada kemasan produk, sedangkan lampu pijar 100 W memiliki rata-rata daya aktif yang lebih tinggi daripada yang tertera pada kemasan produk. Lampu LED memiliki rata-rata kuat penerangan yang lebih besar bila dibandingkan dengan lampu jenis lain.


Kata kunci: Daya aktif, kuat penerangan, lampu

Published
2016-05-23
How to Cite
DINAR SUWANDI, Angke Latifa. UJI DAYA AKTIF DAN KUAT PENERANGAN PADA LAMPU. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 50-57, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3577>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.