MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP

  • Ambar Utarida Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

Abstract

ABSTRAK
Hasil survei Trends in International Mathematics and Science Survey (TIMSS) yang menelitikemampuan anak-anak kelas VIII dalam bidang Matematika dan Sains menunjukkan bahwa rata-rata skor prestasi sains (IPA) Indonesia berada di bawah rata-rata internasional. Di sisi lain, dalam International Physic Olimpiads (IPhO) prestasi Indonesia dalam olimpiade fisika dari tahun ke tahun meningkat.Hal ini membuktikan bahwa anak-anak Indonesia memiliki kecerdasan yang setara dan mampu bersaing dengan anak-anak dari negara lain, termasuk dari negara-negara maju jika mendapat kesempatan belajar dengan metode yang baik salah satunya dengan metode yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji hasil belajar fisika siswa yang menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan video animasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Tapen. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan DesignRandomized Post Test Only Control Group. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi . Analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample T Test. Analisis data dari hasil belajar siswa diperoleh siginifikansi sebesar 0.012 atau < 0,05. Berdasarkan pedoman pengambilan keputusan maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan video animasi dan kelas yang tidak menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan video animasi


Kata Kunci :quantum teaching, video animasi, dan hasil belaj

Published
2016-05-23
How to Cite
UTARIDA, Ambar. MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SMP. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 41-49, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3576>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.