PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING LEARNINGDISERTAI METODE PEMECAHAN MASALAH POLYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA DI SMA

  • Alif Fahamsyah Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan aktifitas belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model problem solving learning disertai metode pemecahan masalah Polya dan (2) mengkaji pengaruh model problem solving learning disertai metode pemecahan masalah Polya terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika di SMA. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain post test only control group design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian dilaksanakan pada bulan April 2016 di SMAN 2 Tanggul Kab. Jember. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis persentase aktifitas belajar siswa dan menggunakan Independence Sample T-tets SPSS 22 untuk mengkaji pengaruh model terkadap kemampuan memecahkan masalah fisika. Hasil penelitian 1) aktifitas belajar siswa selama proses pembelajaran adalah 84,41 % dan termasuk dalam kategori aktif, dan 2) nilai signifikansi (1-tailed) adalah p=0 (≤0,05), artnya Ha diterima (ada pengaruh yang signifikan penggunaan model terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika di SMA). Penelitian ini dapat disimpulkan (1) aktifitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan model dalam kategori aktif, dan (2) ada pengaruh yang signifikan penerapan model terhadap kemampuan memecahkan masalah fisika di SMA.


Kata Kunci:SMAN 2 Tanggul, Aktifitas belajar siswa, Kemampuan memecahkan masalah.

Published
2016-05-23
How to Cite
FAHAMSYAH, Alif. PENGARUH MODEL PROBLEM SOLVING LEARNINGDISERTAI METODE PEMECAHAN MASALAH POLYA TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH FISIKA DI SMA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 30-40, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3575>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.