IDENTIFIKASI PENGETAHUAN AWAL FISIKA PADA MATERI DINAMIKA ROTASI SISWA MAN NGLAWAK KERTOSONO
Abstract
ABSTRAK Pengetahuan awal banyak disarankan untuk dipertimbangkan sebagai faktor penting dalam pembelajaran. Pengetahuan awal mengenai suatu konsep fisika yang dimiliki akan memberikan sumbangan besar dalam memprediksi keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kondisi pengetahuan awal siswa pada materi dinamika rotasi. Data diperoleh menggunakan instrumen soal pengetahuan awal berupa 23 butir soal pilihan ganda dengan reliabilitas α0,05=0,78. Subjek penelitian terdiri dari 119 siswa kelas XI di MAN Nglawak Kertosono. Data di analisis secara deskriptif untuk menggambarkan pengetahuan awal siswa pada materi dinamika rotasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar sebesar 16,81% siswa memiliki pengetahuan awal tinggi, 66,38% siswa memiliki pengetahuan awal sedang, dan 16,81% siswa memiliki pengetahuan awal rendah. Pengetahuan awal tertinggi dimiliki siswa pada materi dinamika gerak dengan tingkat penguasaan rata-rata 57,42% dan paling rendah pada materi momentum dengan tingkat penguasaan rata-rata sebesar 38,66%. Hasil skor pengetahuan awal siswa dapat digunakan untuk memilih strategi yang tepat untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal serta dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi terhadap pembelajaran pada materi terkait.
Kata kunci:pengetahuan awal, fisika, dinamika rotasi