IDENTIFIKASI PENGETAHUAN AWAL FISIKA PADA MATERI DINAMIKA ROTASI SISWA MAN NGLAWAK KERTOSONO

  • Al Muhalla Amarta Pascasarjana Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang

Abstract

ABSTRAK Pengetahuan awal banyak disarankan untuk dipertimbangkan sebagai faktor penting dalam pembelajaran. Pengetahuan awal mengenai suatu konsep fisika yang dimiliki akan memberikan sumbangan besar dalam memprediksi keberhasilan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kondisi pengetahuan awal siswa pada materi dinamika rotasi. Data diperoleh menggunakan instrumen soal pengetahuan awal berupa 23 butir soal pilihan ganda dengan reliabilitas α0,05=0,78. Subjek penelitian terdiri dari 119 siswa kelas XI di MAN Nglawak Kertosono. Data di analisis secara deskriptif untuk menggambarkan pengetahuan awal siswa pada materi dinamika rotasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pada materi dinamika rotasi dan kesetimbangan benda tegar sebesar 16,81% siswa memiliki pengetahuan awal tinggi, 66,38% siswa memiliki pengetahuan awal sedang, dan 16,81% siswa memiliki pengetahuan awal rendah. Pengetahuan awal tertinggi dimiliki siswa pada materi dinamika gerak dengan tingkat penguasaan rata-rata 57,42% dan paling rendah pada materi momentum dengan tingkat penguasaan rata-rata sebesar 38,66%. Hasil skor pengetahuan awal siswa dapat digunakan untuk memilih strategi yang tepat untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal serta dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi terhadap pembelajaran pada materi terkait.


Kata kunci:pengetahuan awal, fisika, dinamika rotasi

Published
2016-05-23
How to Cite
AMARTA, Al Muhalla. IDENTIFIKASI PENGETAHUAN AWAL FISIKA PADA MATERI DINAMIKA ROTASI SISWA MAN NGLAWAK KERTOSONO. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 21-29, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3574>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.