MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW II BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA (Materi Pembelajaran Usaha dan Energi)

  • Ainul Syari Pendidikan Fisika, FKIP, UNIVERSITAS JEMBER

Abstract

Abstrak 

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih baik-tidaknya hasil belajar fisika siswa yang pembelajarannya menerapkan model kooperatif tipe Jigsaw II berbantuan simulasi virtual dibandingkan dengan pembelajaran selain model koopeatif tipe Jigsaw II berbantuan simulasi virtual, untuk mengkaji ketuntasan dan retensi hasil belajar siswa yang pembelajarannya menerapkan model kooperatif tipe Jigsaw II berbantuan simulasi virtual. Pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw II berbantuan simulasi virtual menitikberatkan pada diskusi kelompok ahli dan kelompok asal yang di dalam tugas dan diskusinya dibantu dengan praktikum virtual. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang diadakan di SMA Negeri 1 Jenggawah dengan menggunakan dua sampel penelitian, yaitu kelompok eksperimen kelas XI IPA 4 dan kelompok kontrol XI IPA 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 1 Jenggawah yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw II berbantuan simulasi vitual tidak lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Jenggawah yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif yang standar, sedangkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Jenggawah yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw II berbantuan simulasi virtual termasuk kategori sangat rendah, dan retensi hasil belajar fisika siswa pada kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Jenggawah yang pembelajarannya menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw II berbantuan simulasi virtual termasuk kategori tinggi.
Kata Kunci:Model Kooperatif Tipe Jigsaw II, PhET Simulation

Published
2016-05-23
How to Cite
SYARI, Ainul. MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW II BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA (Materi Pembelajaran Usaha dan Energi). JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 4, n. 5, p. 1-12, may 2016. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3572>. Date accessed: 15 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.