IMPLEMENTASI LKPD BERBASIS STEM UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS

  • Faridatul Munawaroh Universitas Jember
  • Rif'ati Dina Handayani Universitas Jember
  • Bambang Supriadi Universitas Jember

Abstract

Berpikir kritis adalah  salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik pada abad 21. Penggunaan media pembelajaran berupa LKPD yang memadukan disiplin ilmu sains, teknologi, teknik, dan matematika dapat melatih keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas LKPD berbasis STEM, mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik pada pokok bahasan gerak lurus dengan menggunakan media berupa LKPD, dan respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis STEM sangat valid dengan nilai 90,7%, keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X di SMA Pancasila tergolong sedang dengan nilai 58,38, dan LKPD termasuk dalam kategori menarik yang dikatahui dari respon peserta didik terhadap penggunaan LKPD berbasis STEM.


Kata kunci : Berpikir kritis, LKPD berbasis STEM, Respon peserta didik.

Published
2023-03-31
How to Cite
MUNAWAROH, Faridatul; HANDAYANI, Rif'ati Dina; SUPRIADI, Bambang. IMPLEMENTASI LKPD BERBASIS STEM UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 9-15, mar. 2023. ISSN 2721-1959. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/35635>. Date accessed: 07 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpf.v12i1.35635.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.