UJI RESOLUSI SPASIAL DAN SLICE THICKNESS PADA CT SCAN 128 DAN 16 SLICE DENGAN MENGGUNAKAN PHANTOM QUART DVT-AP

  • Baghaskoro Otniel Kathon UNAS
  • Puji Hartoyo UNAS
  • Samsun Samsun UNAS

Abstract

CT-Scan adalah salah satu modalitas untuk diagnosis utama, kualitas citra dari CT-Scan sangat berpengaruh terhadap diagnosis. Untuk menguji kualitas citra CT-Scan diperlukan suatu alat ukur berupa phantom. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa penggunaan phantom Quart DVT-AP terhadap nilai resolusi spasial dan slice thickness pada CT-Scan 128 Slice dan 16 Slice. Uji resolusi spasial dan slice thickness dilakukan dengan menggunakan perhitungan dari citra digital. Phantom dipindai dengan melakukan variasi nilai slice thickness (2,5 , 5 , dan 10 mm). Penentuan nilai resolusi spasial dan slice thickness diperoleh dari nilai Edge Spread Function(ESF) menggunakan software bawaan phantom yaitu Quart CT-TEC dan juga Matlab. Kemudian digunakan juga phantom Gammex ACR untuk membandingkan nilai resolusi spasial dan slice thickness yang didapat menggunakan Quart DVT-AP.   Hasil penelitian ini menunjukan bahwa phantom Quart DVT-AP mampu mengukur slice thickness pada CT-Scan 128 dan 16 slice dan sanggup mengukur sampai pasangan garis ke 6 yaitu 0,9 Lp/mm, lebih tinggi jika dibandingkan dengan hasil yang didapat menggunakan phantom Gammex ACR. Variasi ketebalan slice tidak mempengaruhi hasil pengukuran resolusi spasial dan slice thickness dan hasil perhitungan dari software CTTEC menunjukkan hasil yang sama baiknya dengan Matlab. Nilai resolusi spasial dan slice thickness telah dibandingkan dengan nilai lolos uji sesuai rekomendasi BAPETEN, sehingga perangkat CT-Scan masih layak untuk digunakan.


 


Kata Kunci : Edge Spread Function(ESF), Phantom Quart DVT-AP, Resolusi Spasial,


         Slice Thickness, Software CTTEC

Published
2022-09-30
How to Cite
KATHON, Baghaskoro Otniel; HARTOYO, Puji; SAMSUN, Samsun. UJI RESOLUSI SPASIAL DAN SLICE THICKNESS PADA CT SCAN 128 DAN 16 SLICE DENGAN MENGGUNAKAN PHANTOM QUART DVT-AP. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 123-136, sep. 2022. ISSN 2721-1959. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/33956>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpf.v11i3.33956.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.