PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH UNTUK SISWA SMA
Abstract
fisika merupakan cabang ilmu pengetahuaan alam, dimana fisika digunakan untuk proses memahami suatu fenomena alam. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan modul fisika berbasis augmented reality (AR) untuk materi rangkaian arus searah dengan menggunakan responden sebanyak 15 mahasiswa baru angkatan 2020 pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan sebuah produk dengan menggunakan desain Nieveen. Instrument dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan kuisioner kepraktisan. hasil dari penelitian ini adalah modul fisika berbasis augmented reality untuk materi rangkaian arus searah dinyatakan valid dengan persentase validasi gabungan sebesar 88,49% dan modul fisika berbasis augmented reality untuk materi rangkaian arus searah dinyatakan praktis dengan persentase hasil rata-rata yang diperoleh dari kuisioner kepraktisan sebesar 84,67%
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.