PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH UNTUK SISWA SMA

  • Bagus Yusuf Ilhamsyah Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember
  • Sudarti Sudarti Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember
  • Singgih Bektiarso Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember

Abstract

fisika merupakan cabang ilmu pengetahuaan alam, dimana fisika digunakan untuk proses memahami suatu fenomena alam. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan modul fisika berbasis augmented reality (AR) untuk materi rangkaian arus searah dengan menggunakan responden sebanyak 15 mahasiswa baru angkatan 2020 pada semester genap tahun ajaran 2020/2021.   penelitian ini merupakan penelitian pengembangan untuk menghasilkan sebuah produk dengan menggunakan desain Nieveen. Instrument dalam pengumpulan data dalam penelitian ini  adalah lembar validasi dan kuisioner kepraktisan. hasil dari penelitian ini adalah modul fisika berbasis augmented reality untuk materi rangkaian arus searah dinyatakan valid dengan persentase validasi gabungan sebesar 88,49% dan modul fisika berbasis augmented reality untuk materi rangkaian arus searah dinyatakan praktis dengan persentase hasil rata-rata yang diperoleh dari kuisioner kepraktisan sebesar 84,67%

Published
2022-10-13
How to Cite
ILHAMSYAH, Bagus Yusuf; SUDARTI, Sudarti; BEKTIARSO, Singgih. PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) MATERI RANGKAIAN ARUS SEARAH UNTUK SISWA SMA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 11, n. 3, p. 98-105, oct. 2022. ISSN 2721-1959. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/33689>. Date accessed: 31 jan. 2023. doi: https://doi.org/10.19184/jpf.v11i3.33689.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.