PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DISERTAI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA

  • Novelensia ETP
  • Singgih Bektiarso
  • Maryani Maryani

Abstract

Pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai metode eksperimen merupakan pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk memahami konsep fisika dalam kehidupan sehari-hari.Pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai metode eksperimen digunakan untuk membantu pengetahuan baru siswa berdasarkan pengetahuan yang didapatkan melalui eksperimen dengan pengetahuan sebelumnya yang sudah dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai metode eksperimen dan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT disertai metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MAN 1 Jember. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data menggunakan persentase keaktifan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dan menggunakan uji t yang diperoleh dari hasil post-test.Hasil penelitian dan analisis data aktivitas belajar menunjukkan kategori sangat aktif dengan persentase rata-rata sebesar 82.55%. Hasil perhitungan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung sebesar 3.348 dan Sig.(1tailed) sebesar 0.0005 pada taraf signifikansi 5% dan db 63 menunjukkan bahwa skor hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.

Published
2021-02-16
How to Cite
ETP, Novelensia; BEKTIARSO, Singgih; MARYANI, Maryani. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DISERTAI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 242-247, feb. 2021. ISSN 2721-1959. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/23279>. Date accessed: 27 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpf.v3i3.23279.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.