METODE PRAKTIKUM DALAM PEMBELAJARAN PENGANTAR FISIKA SMA : STUDI PADA KONSEP BESARAN DAN SATUAN TAHUN AJARAN 2012-2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak pembelajaran
dengan metode praktikum pada hasil belajar fisika dan retensi hasil belajar
fisika siswa. Penelitian ini dikenakan pada siswa kelas X-1 di SMA Negeri
1 Rambipuji. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi. Lokasi
penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling area. Penelitian ini
dikenakan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Rambipuji. Waktu penelitian
dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2012/2013. Teknik yang
digunakan untuk mengumpulkan data penelitian yaitu teknik dokumentasi,
observasi, tes dan wawancara. Untuk mengkaji pengaruh metode praktikum
terhadap hasil belajar fisika siswa digunakan teknik analisis “Paired
Samples T-Test” dengan taraf signifikansi 0,05 dengan bantuan program
SPSS versi 16.0, untuk mendeskripsikan retensi hasil belajar fisika siswa
digunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan
bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan setelah pembelajaran dengan
metode praktikum terhadap hasil belajar fisika siswa di kelas X-1 SMA
Negeri 1 Rambipuji; (2) Retensi hasil belajar fisika siswa di kelas X-1
SMAN 1 Rambipuji metode praktikum tergolong tinggi.