FUNGSI GELOMBANG ION HELIUM DALAM REPRESENTASI RUANG POSISI MENGGUNAKAN PERSAMAAN SCHRODINGER

  • Muhamad Sukron Makmun Universitas Jember
  • Bambang Supriadi
  • Trapsilo Prihandono

Abstract

Ion Helium merupakan salah satu ion yang termasuk ke dalam atom hidrogenik karena hanya memiliki elektron tunggal dalam orbital terluarnya sehingga masalah dalam ion helium dapat diselesaikan dengan menggunakan pendeketan persamaan schrodinger dalam koordnat bola. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji solusi ion helium dalam representasi ruang posisi menggunakan persamaan schrodinger pada bilangan kuantum . Jenis penelitian yag digunakan adalah basic research yaitu pengembangan teori dari yang telah ada sebelumnya. Metode yang digunakan adalah study literature. Hasil penelitian yang diperoleh berupa fungsi gelombang radial dan simulasi probabilitas radial dalam ruang posisi.


Kata Kunci: Ion Helium, Persamaan Schrodinger, Ruang Posisi, Fungsi Gelombang, Probabilitas

Published
2020-12-28
How to Cite
MAKMUN, Muhamad Sukron; SUPRIADI, Bambang; PRIHANDONO, Trapsilo. FUNGSI GELOMBANG ION HELIUM DALAM REPRESENTASI RUANG POSISI MENGGUNAKAN PERSAMAAN SCHRODINGER. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 9, n. 4, p. 152-159, dec. 2020. ISSN 2721-1959. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/19955>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jpf.v9i4.19955.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.