IMPLEMENTASI MODEL PBI DISERTAI MEDIA VIRTUAL LABORATORY PADA POKOK BAHASAN GERAK LURUS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menganalisis perbandingan proses kegiatan belajar siswa dengan metode penelitian dengan model PBI (Problem Based Instruction) pada 2 kelas setiap kelas akan dicobakan sistem pembelajaran yang berbeda : (1) X IPA 1 menggunakan sistem metode ceramah, yaitu guru memberikan penjelasan materi terhadap siswa. (2) X IPA 2 menggunakan sistem virtual, yaitu dengan praktek menggunakan Phet Simulation. 2) Mengetahui lebih efektif mana sistem pembelajaran yang dicobakan pada siswa, yang nantinya akan digunakan untuk sistem pembelajaran agar lebih efektif dalam proses belejar mengajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan pre-test dan post tes yang diberikan kepada siswa. Analisis pegambilan datanya ialah nilai pre-test siswa di kelas X IPA 1 dan IPA 2 di ambil rata-rata sebagai nilai acuan untuk membandingan. Setelah diberi pembelajaran dengan media yang berbeda, siswa diberi post-test dan di ambil rata-ratanya, lalu dianalisis. Peningkatan rata-rata yang paling tinggi dari pre-test ke post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem virtual yaitu dengan menggunakan Phet Simulation pada kelas X IPA 2 memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan sistem metode ceramah pada kelas X IPA 1.