PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI CONCEPT MAPPING PADA MATERI ALAT OPTIK DI SMA

  • Dewi Rohmatul Izzati
  • Singgih Bektiarso
  • Bambang Supriadi

Abstract

Abstrak


Mata pelajaran fisika adalah Salah satu mata pelajaran di sekolah yang seringkali dianggap sulit oleh siswa. Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran fisika di SMAN 3 Jember menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode konvensional dimana guru berperan lebih aktif dibandingkan siswa. Melalui    modul berbasis problem    based learning, siswa tidak  hanya cenderung  menghafal  rumus,  tetapi  lebih ditekankan bagaimana memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui validitas dan efektifitas modul berbasis problem based learning disertai concept mapping pada materi alat optik di SMA. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, validasi ahli diperoleh nilai sebesar 89% dan validasi pengguna diperoleh hasil 86%. Keduanya dalam kategori sangat valid. Efektifitas modul memperoleh skor N-Gain sebesar 0,53 atau berada dalam kategori sedang. Hal ini dapat dikatakan bahwa modul efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran fisika kelas XI SMA IPA.


 


Kata kunci : problem based learning, concept mapping, validitas, efektifitas

Published
2019-12-01
How to Cite
IZZATI, Dewi Rohmatul; BEKTIARSO, Singgih; SUPRIADI, Bambang. PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI CONCEPT MAPPING PADA MATERI ALAT OPTIK DI SMA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, [S.l.], v. 8, n. 4, p. 281-287, dec. 2019. ISSN 2301-9794. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/15239>. Date accessed: 23 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.19184/jpf.v8i4.15239.
Section
Jurnal Pembelajaran Fisika