PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI CONCEPT MAPPING PADA MATERI ALAT OPTIK DI SMA
Abstract
Abstrak
Mata pelajaran fisika adalah Salah satu mata pelajaran di sekolah yang seringkali dianggap sulit oleh siswa. Hasil wawancara dengan guru mata pelajaran fisika di SMAN 3 Jember menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode konvensional dimana guru berperan lebih aktif dibandingkan siswa. Melalui modul berbasis problem based learning, siswa tidak hanya cenderung menghafal rumus, tetapi lebih ditekankan bagaimana memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui validitas dan efektifitas modul berbasis problem based learning disertai concept mapping pada materi alat optik di SMA. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, validasi ahli diperoleh nilai sebesar 89% dan validasi pengguna diperoleh hasil 86%. Keduanya dalam kategori sangat valid. Efektifitas modul memperoleh skor N-Gain sebesar 0,53 atau berada dalam kategori sedang. Hal ini dapat dikatakan bahwa modul efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran fisika kelas XI SMA IPA.
Kata kunci : problem based learning, concept mapping, validitas, efektifitas