PENGGUNAAN MEDIA EDMODO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN PAKUSARI JEMBER

  • Yuli Maulida Universitas Jember
  • Sri Wahyuni Universitas Jember
  • Joko Widodo Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN Pakusari Jember semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 melalui penggunaan media Edmodo pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan materi menganalisis proses produksi usaha kerajinan dari bahan keras di wilayah setempat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 34 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa meningkat dari kategori sedang ke kategori tinggi dengan skor rata-rata masing-masing 2,88 dan 3,63 pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar siswa juga menunjukkan peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 82,35 dengan ketuntasan klasikal 79,41% meningkat pada siklus II menjadi nilai rata-rata siswa sebesar 87,21 dengan ketuntasan klasikal 91,18%. Dengan demikian, penggunaan media Edmodo dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMAN Pakusari Jember pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan kompetensi dasar menganalisis proses produksi usaha kerajinan dari bahan keras di wilayah setempat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Wahyuni, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Joko Widodo, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2020-09-03
How to Cite
MAULIDA, Yuli; WAHYUNI, Sri; WIDODO, Joko. PENGGUNAAN MEDIA EDMODO UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN PAKUSARI JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 14, n. 2, p. 337-341, sep. 2020. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/16384>. Date accessed: 29 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>