PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Pada Sentra Industri Kerajinan Kayu Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar)

  • Diah Ayu Mustika Universitas Jember
  • Sri Wahyuni Universitas Jember
  • Joko Widodo Universitas Jember

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada sentra industri kerajinan kayu Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Selanjutnya, untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh terhadap kinerja pemasaran pada sentra industri kerajinan kayu, Kelurahan Tanggung, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan sampel sebanyak 72 responden. Uji instrumen dalam penelitian ini menggunakan uji validitas. Metode analisis data menggunakan analisis inferensial yang terdiri dari analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, analisis varian garis regresi, uji F, koefisien determinasi, uji t, efektivitas garis regresi berganda, dan standard error of estimate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran pada sentra industri kerajinan kayu, Kelurahan Tanggung, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar sebesar 77,8%, sedangkan 22,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti seperti kreativitas, karakteristik pasar, keunggulan bersaing, kualitas pelayanan, dan audit pemasaran. Inovasi produk memiliki pengaruh dominan yakni sebesar 40,11% dibandingkan orientasi pasar yang berpengaruh sebesar 36,77% terhadap kinerja pemasaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Wahyuni, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Joko Widodo, Universitas Jember

Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Published
2019-09-19
How to Cite
MUSTIKA, Diah Ayu; WAHYUNI, Sri; WIDODO, Joko. PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Pada Sentra Industri Kerajinan Kayu Kelurahan Tanggung Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar). JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, [S.l.], v. 13, n. 2, p. 85-90, sep. 2019. ISSN 2548-7175. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/view/10911>. Date accessed: 25 sep. 2020. doi: https://doi.org/10.19184/jpe.v13i2.10911.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>