Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning dan Gaya Belajar terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dan gaya belajar terhadap keterampilan sains peserta didik di SDN 076438 Hiligodu Somӧlӧ-mӧlӧ. Peneliti berharap penelitian ini dapat menambah wawasan kita tentang model pembelajaran dan gaya belajar yang dapat diterapkan di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian faktorial dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 44 peserta didik yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model project-based learning dan gaya belajar kinestetik terhadap keterampilan proses sains di SDN 076438 Hiligodu Somӧlӧ-mӧlӧ. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai yang signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dimana nilai sig 0,85 > 0,05 bahwasanya H1 diterima dan Ho ditolak. Peneliti memperoleh hasil N-Gain kelompok kontrol < dari hasil kelompok eksperimen.