Bibliografi Sejarah Perkotaan: Dari Kota Tradisional sampai Modern

  • Sri Ana Handayani Jurusan Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jember

Abstract

Dewasa ini sejarah perkotaan menjadi perhatian para pakar sejarah, sehubungan dengan pesatnya perkembangan kota di berbagai daerah di Indonesia. Publikasi yang berkaitan dengan permasalahan perkotaan sudah dimulai pada era pemerintahan Hindia Belanda, walaupun masih terbatas pada peran pemerintah serta perkembangan kota. Publikasi perkotaan berupa referensi, jurnal, serta media massa semakin merebak, setelah Indonesia merdeka. Pengkajian perkotaan semakin bervariasi dari kota tradisional sampai modern dengan berbagai permasalahannya. Permasalahan dalam kajian ini adalah bagaimana mempelajari dokumentasi dan referensi sejarah perkotaan yang cukup panjang kronologisnya, bagimana mengidetifikasi kesejajaran sejarah perkotaan masa lalu dan masa kini, serta bagimana memperoleh pengetahuan tentang perkotaan dari satu daerah ke daerah lain dalam kurun waktu yang berbeda. Untuk menelusuri perkembangan perkotaan di Indonesia, salah satunya adalah melalui bibliografis perkotaan. Tujuan dari kajian ini adalah menginventarisasi dan mengindentifikasi sejumlah publikasi yang terbit era pemerintahan Hindia Belanda, dan masa kemerdekaan dengan terlebih dahulu menguraikan konteks sejarahnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah yang memiliki empat tahapan kerja, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Kesimpulan yang diperoleh yaitu, ketersediaan bibliografi sejarah perkotaan dari kota tradisional sudah banyak dengan fokus kajian yang sangat bervariasi, terutama pertumbuhan dan perkembangan berbagai perkotaan di Jawa. Hal ini mempermudah merekonstruksi suatu perkotaan. Pengetahuan tentang bibliografi perkotaan sangat bermanfaat untuk menganalisis perubahan, kesinambungan, serta permasalah perkotaan di berbagai daerah di Indonesia.

References

Basundoro Purnawan, 2013 Merebut Ruang Kota Aksi Rakyat Miskin Kota Surabaya 1900-1960.Sepong: Margin Kiri.

Basundoro, Purnawan. 2009. Dua Kota Tiga zaman : Surabaya dan Malang Sejak Kolonial sampai Kemerdekaan. Yogyakarta. Ombak.

Christie, Jan wisseman.1989.”Raja dan rama: Negara Klasik Di Jawa”, dalam Lorraine Gesick. Pusat, simbol, dan Hirarki Kekuasaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Colombijn, Freek, dkk. 2005. Kota Lama Kota Baru Sejarah Kota-kota Di Indonesia. Yogyakarta: Ombak Kerja Sama dengan NIOD dan Jurusan Sejarah Universitas Airlangga Surabaya.

Furnival, F.J. 2009. Hindia Belanda Studi tentang Ekonomi Majemuk. Jakarta. Fredoom Institut.

Gottshalk. 1975. Mengerti Sejarah. Jakarta: UI Press.

Grijns, Kees dan Peter J.M. Nas. 2000. Jakarta Batavia Esai Sosio Kultural. Jakarta: KITLV Jakarta-Banana.

Haan. F.D. 1910. Priangan: de Preanger-Regentschappen Onder het Nederlandsch Besstuur Tot 1811, Eerste Deel, Batavia: G. Kolfff& Co.

________. 1911. Priangan: de Preanger-Regentschappen Onder het Nederlandsch Besstuur Tot 1811, Eerste Deel, Batavia: G. Kolfff& Co.

_________. 1912. Priangan: de Preanger-Regentschappen Onder het Nederlandsch Besstuur Tot 1811, Eerste Deel, Batavia: G. Kolfff& Co.

Ham, Ong Hok. 2018. Madiun Dalam Kemelut Sejarah Priyayi dan petani Di Keresidenan Madiun Abad XIX. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Kuntowijoyo. 1994. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Lombard, Dennys. 2005. Nusa Jawa Silang Budaya Kajian Sejarah Terpadu: Jilid 2. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama. Paris, Ecola Francise d’extremes-orient.

Lubis, Nina Herlina. Dkk. 2000. Sejarah Kota-Kota Di Jawa Barat. Bandung: Alqaprint Jatinangor Cakrawala Dunia Buku.

Margana, Sri. 2012 . Ujung Timur jawa,1763-1813 Perebutan Hegemoni Blambangan, Yogyakarta: Pustaka Ifada.

Mooertono, Soemarsaid. 2017. Negara dan Kekuasaan Di Jawa Abad XVI-XIX. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Nas, P.J.M. 1979. Kota Di Dunia Ketiga. Jakarta Bhatara

Raffles, Thomas Stamford. The History of Java. Vol II (Oxford University Press).

Rahardjo, Supratikno. 2007. Kota-kota Prakolonial Indonesia Pertumbuhan dan Keruntuhan. Jakarta:Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.

Reid, Anthony. 2014. Asia Tenggara Dalam Kurun Niaga 1450-1680. Jakarta: Obor.

Santoso, Jo. 2005. Kota Tanpa Warga. Jakarta:Kepustakaan Populer Gramedia.

Slametmulyana. 1969. Negarakertagama dan Tafsir Sejarahnya. Jakarta: Bhatara.

Soekiman, Djoko. 2000. Kebudayaan Indis dan Gaya Hidup Masyarakat Pendukungnya Abad XVIII-Medio Abad XX) Yogyakarta: Bentang.

Suparlan,Parsudi. 1993. Kemiskinan Di Perkotaan. Jakarta: Yayasan Obor.

Werthein, W.F. 1999. Masyarakat Indonesia Dalam masa Transisi Studi Perubahan Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Published
2022-07-07
How to Cite
HANDAYANI, Sri Ana. Bibliografi Sejarah Perkotaan: Dari Kota Tradisional sampai Modern. Historia, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 100-110, july 2022. ISSN 2774-9932. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JH/article/view/36314>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jh.v5i2.36314.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.