PERANAN PALANG MERAH INDONESIA CABANG KABUPATEN JEMBER DALAM BIDANG SOSIAL KEMANUSIAAN TAHUN 1980-2007

  • Serli Indriyana Ilmu Sejarah

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Peranan Palang Merah Indonesia Cabang Kabupaten Jember dalam Bidang Sosial Kemanusiaan Tahun 1980-2007”. Tujuan penelitian ini untuk memberikan gambaran mengenai latar belakang berdirinya PMI Cabang Kabupaten Jember, peranan PMI Kabupaten Jember dalam bidang sosial kemanusiaan, dan hambatan PMI Cabang Kabupaten Jember dalam menjalankan peranannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah ilmu sosiologi dengan teori struktural fungsional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PMI merupakan organisasi yang bergerak pada bidang sosial kemanusiaan yang netral dan mandiri. PMI memiliki peranan yang penting dalam kehidupan masyarakat. Di dalam bidang sosial kemanusiaan, PMI memiliki 4 tugas pokok antara lain kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan, pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat, serta pelayanan transfusi darah. Keberadaannya PMI Cabang Kabupaten Jember membawa perubahan dalam hal kesehatan di Kabupaten Jember. Perubahan tersebut meliputi adanya penyediaan darah-darah bagi yang membutuhkan, adanya bantuan dalam bencana alam dengan mengirimkan berbagai jasa kesehatan dan obat-obatan, PMI juga melakukan pendidikan untuk sukarelawan, dan melakukan penolongan pertama pada kecelakaan. Hambatan yang dialami oleh PMI Cabang Kabupaten Jember dalam melaksanakan peranannya, yaitu hambatan internal dan eksternal.

Published
2020-07-27
How to Cite
INDRIYANA, Serli. PERANAN PALANG MERAH INDONESIA CABANG KABUPATEN JEMBER DALAM BIDANG SOSIAL KEMANUSIAAN TAHUN 1980-2007. Historia, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 100-118, july 2020. ISSN 2774-9932. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JH/article/view/17658>. Date accessed: 19 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.