PERKEMBANGAN PASAR BARU DI KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN 1953-1994

  • Arina Sunanal Ula Universitas Jember

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk membahas permasalahan (1) Faktor-faktor apa yang menyebabkan dibukanya pasar? (2) Bagaimana manajemen pasar dilakukan? (3) Bagaimana dinamika Pasar Baru Pare? (4) Apa dampak keberadaan pasar terhadap Pemerintahan Daerah Kabupaten Kediri dan masyarakat?. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah metode sejarah yang meliputi pengumpulan sumber, kritik sumber, intrapretasi, dan penulisan sejarah (historiografi). Hasil penulisan ini adalah (1) faktor-faktor yang menyebabkan dibukanya Pasar Pare salah satunya adalah perkembangan jumlah penduduk dan perkembangan sektor-sektor ekonomi di wilayah Kecamatan Pare. Faktor lain dari dibukanya Pasar Pare yakni Pasar Baru Pare adalah pengaruh dari depresi ekonomi tahun 1930. (2) Management pengelolaan Pasar Pare mengalami perubahan dari masa kolonial menuju kemerdekaan. Tahun 1975 terbentuklah Dinas Pendapatan yang berwenang mengelola Pasar Baru Pare. (3) Dinamika Pasar Baru Pare dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni pertama strategisnya lokasi pasar yang dapat mempermudah proses ditribusi barang dagangan, kedua tersedianya macam komoditas dagangan baik barang maupun jasa yang dapat memenuhi kebetuhan konsumen, ketiga struktur sosial para pedagang dan hubungan antar pedagang yang memecah pola kehidupan di Pasar Baru Pare, keempat aktivitas premanisme di Pasar Baru Pare. (4) Peran Pasar Baru Pare sangat penting untuk Kecamatan Pare dan Kabupaten Kediri, eksistensi pasar berperan sebagai media pemenuhan kebutuhan hidup dan sumber pendapatan ekonomi bagi masyarakat. Pasar ini memberikan sumbangan pendapatan untuk Daerah Kabupaten Kediri dengan adanya penarikan retribusi.

Published
2020-07-27
How to Cite
ULA, Arina Sunanal. PERKEMBANGAN PASAR BARU DI KECAMATAN PARE KABUPATEN KEDIRI TAHUN 1953-1994. Historia, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 52-65, july 2020. ISSN 2774-9932. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JH/article/view/15402>. Date accessed: 19 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.