Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sains Anak Tk B di PAUD Terpadu Happy Kids

  • Chasya Aghniarrahmah Universitas Sriwijaya
  • R Rukiyah Universitas Sriwijaya
  • H Hasmalena Universitas Sriwijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap kemampuan sains pada anak. Penelitian ini menggunakan jenis pre-eksperimen dan desain One Shoot Case Study dengan sampel terdri dari 18 anak. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil analisis thitung = 6,62 yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel = 1,74, sehingga terdapat pengaruh mentode proyek terhadap kemampuan sains anak TK B PAUD Terpadu Happy Kids Palembang. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata posttest  anak sebesar 77,33 dan berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan indikator melakukan percobaan pencampuran warna adalah indikator dengan nilai paling menonjol. Sebanyak 55,55 % berada dalam kategori BSB, 33,33% berada pada kategori BSH, 11,11% pada kategori MB dan tidak ada anak termasuk kategori BB. Sebanyak 40% anak berada pada kategori BSB, 35,2% berada pada kategori BSH, 23,52% berada pada kategori MB dan tidak ada anak yang berada pada kategori BB.


 


Kata Kunci: Metode, Metode proyek, kemampuan sains


 

Published
2017-12-20
How to Cite
AGHNIARRAHMAH, Chasya; RUKIYAH, R; HASMALENA, H. Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sains Anak Tk B di PAUD Terpadu Happy Kids. Jurnal Edukasi, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 34-37, dec. 2017. ISSN 2442-353X. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEUJ/article/view/6298>. Date accessed: 22 sep. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jukasi.v4i3.6298.
Section
Articles