Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sains Anak Tk B di PAUD Terpadu Happy Kids
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap kemampuan sains pada anak. Penelitian ini menggunakan jenis pre-eksperimen dan desain One Shoot Case Study dengan sampel terdri dari 18 anak. Teknik analisis data menggunakan Uji t. Hasil analisis thitung = 6,62 yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel = 1,74, sehingga terdapat pengaruh mentode proyek terhadap kemampuan sains anak TK B PAUD Terpadu Happy Kids Palembang. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata posttest anak sebesar 77,33 dan berada pada kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dengan indikator melakukan percobaan pencampuran warna adalah indikator dengan nilai paling menonjol. Sebanyak 55,55 % berada dalam kategori BSB, 33,33% berada pada kategori BSH, 11,11% pada kategori MB dan tidak ada anak termasuk kategori BB. Sebanyak 40% anak berada pada kategori BSB, 35,2% berada pada kategori BSH, 23,52% berada pada kategori MB dan tidak ada anak yang berada pada kategori BB.
Kata Kunci: Metode, Metode proyek, kemampuan sains