Business Strategy to Post-Covid-19 Economic Recovery in Toserba Cempaka, Bali

  • Zannatul Maridah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Yuliati Yuliati Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah merupakan salah satu jenis usaha yang paling produktif di Indonesia hingga saat ini. UMKM di Indonesia memiliki peran yang sangat strategis dan berdampak besar bagi perekonomian nasional. Pesatnya perkembangan UMKM di Indonesia sangat didukung oleh pemanfaatan fasilitas teknologi, informasi dan komunikasi secara optimal. Namun, di masa pandemi COVID-19, perkembangan UMKM sangat tertekan, apalagi saat lockdown diberlakukan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui fenomena lapangan. Hasil kajian saat ini yang berjudul “Strategi bisnis pasca pemulihan ekonomi covid-19 di toserba cempaka celukan bawang, Bali” menjelaskan bahwa dalam membangun suatu usaha sangat perlu memperhatikan kondisi internal terutama sumber daya manusia yang kompeten


Keywords:  Department Store, MSME Strategy, Covid 19

References

Anggraeni, W. C., W. P. Ningtiyas, and N. Nurdiyah. 2021. Kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemi Covid-19 di Indonesia. Journal of Government and Politics (JGOP) 3 (1): 47–65.
Firdaus, Safira Aliyani, I. F. Ilham, L. P. Aqidah, Safir Aliyani Firdaus, S. A. D. Astuti, and I. Buchori. 2020. Strategi UMKM untuk meningkatkan perekonomian selama pandemi COVID-19 pada saat new normal. OECONOMICUS Journal of Economics 5 (1): 46–62.
Fitriyani, I., N. Sudiyarti, dan M. N. Fietroh. 2020. Strategi manajemen bisnis pasca pandemi covid-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities 1 (2): 87–95.
Modjo, M. I. 2020. Memetakan jalan penguatan ekonomi pasca pandemi. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning 4 (2): 103–116.
Moleong, L. . 2013. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nalini, S. N. L. 2021. Dampak Dampak covid-19 terhadap Usaha MIkro, Kecil dan Menengah. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah) 4 (1): 662–669.
Rulandari, N., N. F. Rahmawati, dan D. Nurbaiti. 2020. Strategi komunikasi pemasaran usaha mikro kecil dan menengah pada era new normal. In Prosiding Seminar STIAMI, 7:21–28.
Siagian, A. O., and Y. Cahyono. 2021. Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 3 (1): 206–217.
Sugiyono, P. D. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukanta, T. 2020. Analisis Strategi Bersaing dan Strategi Bertahan pada Industri Mikro dan Kecil Panganan Keripik Kemasan di Kecamatan Coblong Kota Bandung Jawa Barat Tahun 2020 Ditengah Situasi Sulit Penyebaran Pandemi COVID-19. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi) 12 (1): 37–53.
Tajudin, A. B. A. 2020. The Covid-19 Situation: The Role of Guiding Principles in Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) in ASEAN Economic Recovery. In The 2nd International Conference of Law, Government and Social Justice (ICOLGAS 2020), 346–352. Atlantis Press.
Published
2023-04-27
How to Cite
MARIDAH, Zannatul; YULIATI, Yuliati. Business Strategy to Post-Covid-19 Economic Recovery in Toserba Cempaka, Bali. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, [S.l.], v. 22, n. 1, p. 55-66, apr. 2023. ISSN 2459-9816. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/36331>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jeam.v22i1.36331.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.