PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN YANG MELAKSANAKAN DAN YANG TIDAK MELAKSANAKAN EMPLOYEE STOCK OWNERSHIP PLANS (ESOPs)

  • Ririn Irmadariyani
  • Eva Mery Dian N

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja perbankan yang melaksanakan dan yang tidak melaksanakan ESOPs. Sampel pada penelitian ini adalah perbankan yang melaksanakan ESOPs dan perbankan yang tidak melaksanakan ESOPs pada kurun waktu 2007 -2010. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kinerja keuangan bank dengan menggunakan 4 rasio keuangan untuk membuktikan hipotesis dengan menggunakan uji t beda terhadap rasio-rasio keuangan tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 4 rasio keuangan yang ada, Capital Adequeacy Ratio (CAR), Non Performing Loans (NPL), biaya operasional/pendapatan operasional (BOPO), dan Loan to Deposito Ratio (LDR), data tersebut berdistribusi normal maka dalam pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan alat analisis statistik parametrik yaitu dengan menggunakan alat uji Independent sample T-Test, hal ini dilihat dari nilai signifikansi Kolmogorof-Smirnov (SIG) keempat variabel tersebut yang lebih besar dari 0,05. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil analisis tersebut yaitu berdasarkan rasio CAR dan NPL tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kinerja bank yang melaksanakan dan yang tidak melaksanakan ESOPs, sedangkan berdasarkan rasio BOPO dan LDR terdapat perbedaan yang signifikan pada kinerja bank yang melaksanakan dan yang tidak melaksanakan ESOPs.

Kata Kunci: Kinerja keuangan, Employee Stock Ownership Plans (ESOPs)
How to Cite
IRMADARIYANI, Ririn; DIAN N, Eva Mery. PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN PERBANKAN YANG MELAKSANAKAN DAN YANG TIDAK MELAKSANAKAN EMPLOYEE STOCK OWNERSHIP PLANS (ESOPs). Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 1, feb. 2015. ISSN 2459-9816. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1197>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.