PERANAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENGURANGI KEMISKINAN

  • Deasy Wulandari

Abstract

Penyebab kemiskinan yang terjadi di Indonesia diantaranya karena tingkat pendidikan yang rendah, tingginya pengangguran dan masalah sosial lain. Perusahaan sebagai sebuah organisasi yang berada di lingkungan masyarakat mempunyai peranan yang sangat penting dalam membantu mengurangi masalah kemiskinan ini. Salah satu program yang pada saat ini dapat dilakukan oleh perusahaan dan sangat gencar dilakukan adalah program Corporate Social Responsibility (CSR). Program Corporate Social Responsibility (CSR) ini merupakan usaha yang harus dilakukan oleh perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan untuk memberdayakan dan meningkatkan lingkungan sosialnya. Lingkungan sosial disini merupakan lingkungan makro dan mikro baik dari sisi internal maupun eksternal. Program ini bukan hanya bermanfaat bagi masyarakat di sekitar lingkungan sosial perusahaan saja tetapi pihak perusahaan sebagai penyelenggara CSR sendiri dalam jangka panjang akan mendapatkan persepsi (citra) yang baik dari lingkungan sosialnya sehingga pelanggan akan berusaha untuk turut mempromosikan perusahaan (termasuk di dalamnya adalah produk yang ditawarkan oleh perusahaan) yang pada akhirnya akan mewujudkan konsep pemasaran holistik pada perusahaan.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibilty, kemiskinan, citra, pemasaran holistik.
How to Cite
WULANDARI, Deasy. PERANAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT UNTUK MENGURANGI KEMISKINAN. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, [S.l.], v. 11, n. 2, feb. 2015. ISSN 2459-9816. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1187>. Date accessed: 19 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.