MANFAAT LEVERAGE BAGI PERUSAHAAN

  • Ana Mufidah

Abstract

Keputusan pembelanjaan dapat mempengaruhi kemampuan perusahaan dalam menghasikan laba (profitabilitas) bagi pemegang saham. Pada kondisi ekonomi baik, perusahaan yang porsi penggunaan utangnya lebih besar dari pada modal sendiri mampu menghasilkan laba yang lebih besar bagi pemegang saham dibandingkan dengan perusahaan yang porsi penggunaan utangnya lebih kecil dari pada modal sendiri. Sebaliknya pada kondidi ekonomi buruk, perusahaan yang porsi penggunaan utangnya lebih besar dari pada modal sendiri akan menghasilkan laba yang kecil bagi pemegang saham dibandingkan dengan perusahaan yang porsi penggunaan utangnya lebih kecil dari pada modal sendiri. Leverage timbul karena perusahaan dalam operasinya menggunakan aktiva dan sumber dana yang menimblkan beban tetap bagi perusahaan. Penggunaan aktiva yang menimbulkan beban tetap disebut dengan operating leverage, sedangkan penggunaan dana dengan beban tetap disebut dengan financial leverage.

Kata kunci: leverage, financial leverage, dan operating leverage, profitabilitas.
How to Cite
MUFIDAH, Ana. MANFAAT LEVERAGE BAGI PERUSAHAAN. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, [S.l.], v. 13, n. 1, feb. 2015. ISSN 2459-9816. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JEAM/article/view/1101>. Date accessed: 20 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.