DAMPAK SISTEM ERP TERKAIT RELEVANSI INFORMASI AKUNTANSI DAN KINERJA PERUSAHAAN : PERUSAHAAN ADOPSI ERP DAN TIDAK ADOPSI ERP

  • Dwi May Adi Indra Lluciana Universitas Airlangga
  • Noorlailie Soewarno Universitas Airlangga
  • Isnalita Isnalita Universitas Airlangga

Abstract

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) dianggap memberikan keuntungan bagi perusahaan. Sistem ERP juga membantu memberikan informasi akuntansi yang berguna bagi pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak sistem ERP pada relevansi informasi akuntansi dan kinerja perusahaan pada perusahaan yang mengadopsi ERP dan perusahaan yang tidak mengadopsi ERP. Pada penelitian ini relevansi informasi akuntansi diuji dengan tiga variabel yaitu predictive value, timeliness dan feedback value. Hasil analisis ini diperoleh dari kuesioner yang telah dibagikan kepada 75 perusahaan, terdiri dari 40 perusahaan yang mengadopsi sistem ERP dan 35 perusahaan yang tidak adopsi sistem ERP, sampel yang diperoleh masing-masing hanya 30 perusahaan sehingga terdapat 60 perusahaan yang diteliti. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan analisis nonparametrik Mann Whitney dengan SPSS untuk mencari perbedaan dampak dari dua jenis perusahaan. Analisis ini membuktikan bahwa sistem ERP berdampak terhadap relevansi informasi akuntansi yang terdiri dari tiga variabel dan kinerja perusahaan pada perusahaan yang mengadopsi sistem ERP.


Keywords : ERP, Value Relevance, Firm Performance

Published
2018-08-23
How to Cite
LLUCIANA, Dwi May Adi Indra; SOEWARNO, Noorlailie; ISNALITA, Isnalita. DAMPAK SISTEM ERP TERKAIT RELEVANSI INFORMASI AKUNTANSI DAN KINERJA PERUSAHAAN : PERUSAHAAN ADOPSI ERP DAN TIDAK ADOPSI ERP. JURNAL AKUNTANSI UNIVERSITAS JEMBER, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 1-11, aug. 2018. ISSN 2460-0377. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JAUJ/article/view/7724>. Date accessed: 20 aug. 2019. doi: https://doi.org/10.19184/jauj.v15i1.7724.
Section
Articles