PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH

  • Nur Hisamuddin
  • M. Yayang Tirta K

Abstract

Munculnya Konsep Good Corporate Governance (GCG) didasarkan pada agency theory yang mengharapkan adanya keterbukaan informasi sehingga konflik kepentingan antara agen dengan principal dapat diminimalisir. Konflik kepentingan dapat terjadi pada setiap perusahaan termasuk perbankan syariah. Keadaan ini disadari oleh Bank Indonesia yang kemudian mewajibkan penerapan prinsip GCG dalam peraturan Bank Indonesia yaitu PBI No. 8/4/PBI/2006.Tujuan penelitian ini adalah menguji bagaimana pengaruh GCG terhadap kinerja keuangan Bank Umum Syariah.
Penelitian menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan (annual report) dan laporan good corporate governance (GCG) bank umum syariah periode 2008-2010. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bank umum syariah menurut Direktori Perbankan Indonesia. Sedangkan jumlah sampel berdasar purposive sampling yaitu bank umum syariah yang mempublikasikan laporan keuangan, laporan tahunan ( annual report ) dan laporan GCG selama periode 2008 sampai dengan 2010 diperoleh sebnyak 17 perusahaan. Alat analisi yang digunakan sebagai pengujian hipotesis adalah PLS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa GCG berpengaruh terhadap kinerja keuangan yang diproksikan dengan ROA dan ROE. Ini menunjukkan bahwa penerapan GCG oleh BI pada bank umum dapat mengurangi konflik kepentingan yang terjadi dan menumbuhkan kinerja perbankan syariah khususnya dengan harapan dapat menarik investor untuk meningkatkan investasinya.

Kata kunci: Good Corporate Governance, kinerja keuangan, ROA, ROE, dan Bank Syariah.
Published
2015-03-31
How to Cite
HISAMUDDIN, Nur; TIRTA K, M. Yayang. PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH. JURNAL AKUNTANSI UNIVERSITAS JEMBER, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 109-138, mar. 2015. ISSN 2460-0377. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JAUJ/article/view/1254>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jauj.v10i2.1254.
Section
Articles