POSITIONING TELEPON SELULER GSM SISTEM PRABAYAR DI KALANGAN MAHASISWA KOTA JEMBER

  • Mohamad Dimyati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis positioning operator telepon seluler GSM sistem prabayar berdasarkan persepsi mahasiswa di kota Banyuwangi terhadap kemiripan atribut determinan yang terdiri dari produk, harga, promosi, lokasi, proses, orang, dan bukti fisik masing-masing operator telepon seluler. Sampel penelitian sebanyak 60 responden diabil dengan metode purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis MDS untuk mengetahui keandalan dan kesahihan, sertapositioning operator telepon seluler GSM sistem prabayar (Telkomsel, Indosat, XL, 3, dan AXIS). Hasil analaisis menunjukkan bahwa operator telepon seluler GSM sistem prabayar merek AXIS merupakan pesaing terdekat atau pesaing langsung dari merek Telkomsel terutama menyangkut atribut: promosi, lokasi, dan proses. Operator XL dan Three tidak mempunyai pesaing langsung karena memiliki perbedaan yang jelas/unik. Operator Indosat tidak memiliki positioning yang kuat/jelas, karena tidak mempunyai banyak kemiripan dan juga tidak mempunyai banyak perbedaan dengan operator lain di benak mahasiswa.

Kata Kunci : positioning, persepsi mahasiswa, atribut determinan.
Published
2015-03-31
How to Cite
DIMYATI, Mohamad. POSITIONING TELEPON SELULER GSM SISTEM PRABAYAR DI KALANGAN MAHASISWA KOTA JEMBER. JURNAL AKUNTANSI UNIVERSITAS JEMBER, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 59-77, mar. 2015. ISSN 2460-0377. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JAUJ/article/view/1233>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jauj.v9i1.1233.
Section
Articles