HUBUNGAN ANTARA FAKTOR INDIVIDU DAN KEJENUHAN DENGAN STRES KERJA PADA GURU SEKOLAH DASAR SEDERAJAT

RELATIONSHIP BETWEEN INDIVIDUAL FACTORS AND BOREDOM WITH JOB STRESS ON ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS AND EQUIVALENT

  • Siti Farihah Rosanna Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Jember, Jl. Kalimantan No.37 68121 Jember, Jawa Timur, Indonesia
  • Ragil Ismi Hartanti Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Jember, Jl. Kalimantan No.37 68121 Jember, Jawa Timur, Indonesia
  • Reny Indrayani Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Jember, Jl. Kalimantan No.37 68121 Jember, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Kejenuhan merupakan salah satu penyebab terjadinya stres kerja. Salah satu pekerjaan yang berisiko mengalami stres kerja adalah guru Sekolah Dasar Sederajat karena memiliki tanggungjawab yang lebih besar dan rutinitas kerja monoton. Stres kerja disebabkan oleh faktor individu yang meliputi jenis kelamin, usia dan masa kerja serta kejenuhan sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara faktor individu dan kejenuhan dengan stres kerja pada guru Sekolah Dasar Sederajat di Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain cross-sectional. Populasi pada penelitian ini sebanyak 339 guru dengan sampel sebanyak 116 guru. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer yang didapatkan melalui angket online dengan menggunakan google form. Instrumen penelitian menggunakan Boredom Proneness Scale (BPS) untuk mengetahui kejenuhan dan Occupational Stress Inventory Revised (OSI-R) untuk mengetahui stres kerja. Analisis data bivariat dilakukan dengan menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kelamin (р-value=0,585) dan masa kerja (р-value=0,203) tidak memiliki hubungan dengan stres kerja. Terdapat hubungan antara usia (р-value=0,049) dengan stres kerja dan tidak terdapat hubungan antara kejenuhan (р-value = 0,602) dengan stres kerja. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat responden yang mengalami kejenuhan dan stres kerja berat. Saran yang dapat diberikan kepada kepala sekolah adalah untuk melakukan evaluasi berupa sharing terkait hambatan yang dirasakan guru dan melakukan pelatihan untuk menunjang kompetensi yang dimiliki.

References

1] Akbar Z and Pratasiwi R (2017) Resiliensi Diri dan Stres Kerja pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi 6(No. 2): 107-112.
2] Amalia B, Wahyuni I and Ekawati (2017) Hubungan antara Karakteristik Individu, Beban Kerja Mental, Pengembangan Karir, dan Hubungan Interpersonal dengan Stres Kerja pada Guru di SLB Negeri Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat 5(No. 5): 68-78.
3] Ansori R and Martiana T (2017) Hubungan Faktor Karakteristik Individu dan Kondisi Pekerjaan terhadap Stres Kerja pada Perawat Gigi. The Indonesian Journal of Public Health 12(No. 1): 75-84.
4] Dinas Kesehatan Jawa Timur (2020) Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Surabaya: Dinas Kesehatan Jawa Timur.
5] Dimyati A (2019) Tingkat Kejenuhan Guru dalam Mengajar Pendidikan Jasmani pada Anak Berkebutuhan Khusus di SMP Luar Biasa di Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Penjas 5(No. 2): 37-47.
6] EU-OSHA (2013) European Opinion Poll on Occupational Safety and Health. Bilbao: European Agency for Safety and Health at Work.
7] Farista D (2018) Strategi Pengelolaan Stres Guru Wanita Berstatus Guru Tetap Yayasan Sekolah Dasar Bersistem Full Day School. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan 3(No. 1): 31-39.
8] Harmsen R, Helms-Lorenz M, Maulana R and Veen K (2018) The Relationship between Beginning Teachers' Stress Causes, Stress Responses, Teaching Behaviour and Attrition. Teachers and Teaching: Theory and Practice 24(No. 6): 626-643.
9] Health and Safety Executive (2019) Work-related Stress, Anxiety or Depression Statistics in Great Britain. United Kingdom: National Statistics.
10] Hendrawan A, Sucahyawati H, Cahyandi K and Indriyani (2018) Stres Kerja dan Kelelahan Kerja Pengaruhnya Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi 3(No. 1): 1-13.
11] Heriyansyah (2018) Guru adalah Manajer Sesungguhnya di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 1(No. 1): 116-127.
12] Jundillah Z, Ahmad L and Saktiansyah L (2017) Analisis Kejadian Stres Kerja pada Perawat di Kabupaten Konawe Kepulauan Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat 2(No. 6): 1-11.
13] Kaunang V, Buanasari A and Kallo V (2019) Gambaran Tingkat Stres pada Lansia. Jurnal Keperawatan 7(No. 2): 1-7.
14] Manabung A, South L and Warouw F (2018) Hubungan antara Masa Kerja dan Beban Kerja dengan Stres Kerja pada Tenaga Kerja di PT. Pertamina TBBM Bitung. Jurnal Kesehatan Masyarakat 7(No. 5): 1-10.
15] Muhbar F, dan Dwi H (2017) Hubungan antara Tingkat Stres dengan Beban Kerja Guru di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Keperawatan 5(No. 2): 82-86.
16] Muslicha A (2015) Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Lingkungan Hidup pada Siswa Sekolah Dasar (Studi pada Sekolah Adiwiyata di DKI Jakarta). Jurnal Pendidikan 16(No. 2): 110-126.
17] Nasution M (2017) Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan 11(No. 1): 9-16.
18] Pajow C, Kawatu P and Rattu J (2020) Hubungan antara Beban Kerja, Masa Kerja dan Kejenuhan Kerja dengan Stres Kerja pada Tenaga Kerja Area Opening Sheller PT. Sasa Inti Kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal KESMAS 9(No. 7):28-36.
19] Pertiwi N and Wardani I (2019) Tingkat Stres Kerja dan Strategi Koping Guru SD dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal 9(No. 2): 155-164.
20] Perwiraningsih J and Hidayat S (2020) Gambaran Risiko Stres Kerja pada Guru Kelas 6 SD Negeri se-Kecamatan Banyuwangi. Majalah Kesehatan Masyarakat Aceh 3(No. 1): 61-73.
21] Prasetya D, Ma'rufi I and Indrayani R (2018) Determinan Stres Kerja pada Penjaga Palang Pintu Rel Kereta Api Resmi Resort 9.6 Daerah Operasi IX di Kabupaten Jember. Jurnal Kesehatan 6(No. 2): 76-82.
22] Putranto C (2013) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Stres Kerja : Studi Indigenous pada Guru Bersuku Jawa. Journal of Social and Industrial Psychology 2(No. 2): 12-17.
23] Riskesdas (2018) Hasil Utama Riskesdas 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
24] Shabir M (2015) Kedudukan Guru sebagai Pendidik. Auladuna 2(No. 2): 221-232.
25] Sumarna U, Sumarni N and Rosidin U (2018) Bahaya Kerja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Deepublish.
26] Suparman (2018) Identifikasi Gejala Stres pada Guru Tingkat Sekolah Dasar di Sekolah Lentera Harapan Tangerang. Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa 8(No. 1): 7-12.
27] Susanti R, Riswani and Bakhtiar N (2018) Kejenuhan di Kalangan Guru Bimbingan dan Konseling di SMAN Provinsi Riau. Educational Guidance and Counseling Development Journal 1(No. 2): 92-104.
28] Wahdaniyah N and Miftahuddin (2018) Pengaruh Hardiness, Beban Kerja, dan Faktor Demografi terhadap Stres Kerja Guru. Tazkiya Journal of Psychology 6(No. 1): 69-83.
29] Wardhani U, Muchtar R and Farhiyani A (2020) Hubungan Stres Kerja dengan Kejenuhan (Burnout) Kerja pada Perawat di Rumah Sakit X Kota Batam. Jurnal Amanah Kesehatan 2(No. 1): 83-97.
30] Wibowo I and Maqfirotun S (2016) Peran Guru dalam Membentuk Tanggung Jawab Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 1(No. 1): 61-72.
31] Yusuf A. Muri (2014) Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
32] Zetli S (2019) Hubungan Beban Kerja Mental terhadap Stres Kerja pada Tenaga Kependidikan di Kota Batam. Jurnal Rekayasa Sistem Industri 4(No. 2): 63-70.
33] Zulkifli, Tri S and Akbar S (2019) Hubungan Usia, Masa Kerja, dan Beban Kerja dengan Stres Kerja pada Karyawan Service Well Company PT. Elnusa Tbk. Wilayah Muara Badak. Jurnal Kesehatan Masyarakat 5(No. 1): 47-61.
Published
2021-12-02
How to Cite
ROSANNA, Siti Farihah; HARTANTI, Ragil Ismi; INDRAYANI, Reny. HUBUNGAN ANTARA FAKTOR INDIVIDU DAN KEJENUHAN DENGAN STRES KERJA PADA GURU SEKOLAH DASAR SEDERAJAT. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 111-118, dec. 2021. ISSN 2684-7035. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/IKESMA/article/view/24783>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/ikesma.v17i2.24783.
Section
ARTICLES