Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKESMA) yang telah terdaftar di ISSN 1829-7773 (cetak) dan ISSN 2684-7035 (online) merupakan sebuah jurnal peer-reviewed dan open access yang diterbitkan oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Jember. Visi jurnal IKESMA adalah menjadi media desiminasi karya ilmiah dari hasil penelitian dari berbagai kelompok, akademisi, praktisi, dan lembaga pemerintah di bidang kesehatan masyarakat. Sejak 2007, jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu tahun yaitu pada Bulan Maret dan September. Open Journal Systems (OJS) telah diterapkan dalam proses penerbitan artikel dalam Jurnal IKESMA.

Penulis pada Jurnal IKESMA diwajibkan untuk membaca pedoman penulisan yang telah disiapkan dalam website ini. Jika naskah yang dikirimkan tidak sesuai dengan pedoman atau ditulis dalam format yang berbeda, naskah tersebut akan DITOLAK oleh editor sebelum ditinjau lebih lanjut. Semua artikel yang diterima akan ditinjau oleh peer-reviewer dengan metode double-blind.

Jurnal IKESMA menerbitkan artikel yang mencakup artikel penelitian di bidang kesehatan masyarakat dengan topik kajian: Kebijakan Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, Gizi Masyarakat, Epidemiologi, Promosi Kesehatan, Kesehatan Ibu Dan Anak, Kesehatan Reproduksi, Biostatistika, Sistem Informasi Kesehatan, dan Demografi/Kependudukan.