Studi Analisis Karakteristik Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Autis Usia 5 Tahun di PAUD Harsya Ceria Banda Aceh

  • Rusdanita Rusdanita Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  • Hijriati Hijriati Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Zuhra Risnandar Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Dhiaul Wara Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik perkembangan sosial emosional pada anak autis berusia 5 tahun. Riset ini menggunakan pendekatan kualitatif case studi tunggal. Satu anak autis berusia 5 tahun yang telah didiagnosis secara klinis oleh ahli psikiatri anak menjadi subjek dalam riset ini. Data dalam riset ini dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara orangtua, dan penggunaan instrumen evaluasi perkembangan. Hasil analisis terhadap temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat ragam variasi terhadap perkembangan sosial emosional anak autis yang mencakup kesulitan dalam berinteraksi sosial, mengekspresikan emosi dengan tepat dan memahami aturan sosial yang tidak tertulis. Faktor-faktor seperti karakteristik neurobiologis, lingkungan sosial, dan tingkat keparahan gejala autisme menjadi factor yang mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional anak. Implikasi temuan ini mencakup perlunya pengembangan program intervensi terarah sesuai dengan kebutuhan individual subjek yang diteliti. Studi ini berkontribusi terhadap pemahaman tentang karakteristik perkembangan sosial emosional anak autis dan dapat menjadi dasar untuk penelitian dan intervensi kedepan dalam jangka waktu yang panjang.

References

Apostelina, E. 2017. Resiliensi Keluarga Pada Keluarga Yang Memiliki Anak Autis. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi. 1(1): 164–176. https://doi.org/10.21009/jppp.011.22.

Desiningrum, D. R. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus (Pertama). Psikosain.

Gilmore, J. H., Knickmeyer, R. C., & Gao, W. 2018. Imaging structural and functional brain development in early childhood. In Nature Reviews Neuroscience. https://doi.org/10.1038/nrn.2018.1.

Hurlock, E. B. 2002. Perkembangan Anak Jilid 2 (Meitasari Tjandrasa. Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Hutton, J. 2023. Developmental outcomes in children born to women with possible subclinical rubella exposures during pregnancy. Journal of Medical Virology. 95(2) https://doi.org/10.1002/JMV.28517.

Idhayanti, R. I., Monnica, F. T., Arfiana, A., & Masini, M. 2023. Hubungan Stunting Dengan Kecerdasan Sosial Dan Emosional Pada Anak Prasekolah. Juru Rawat. Jurnal Update Keperawatan. 3(1): 26–37. https://doi.org/10.31983/juk.v3i1.10256.

Jeniu, E., Widodo, D., & Widiani, E. 2017. Hubungan Pengetahuan Tentang Autisme Dengan Tingkat Kecemasan Orangtua Yang Memiliki Anak Autisme Di Sekolah Luar Biasa Bhakti Luhur Malang. Nursing News Jurnal Ilmiah Keperawatan. 2(2): 32–42. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33366/nn.v2i2.445.

Jhon W. Santrock. 2012. Life Span Development, Perkembangan Masa-Hidup (Tiga Belas). Erlangga.

Kasran, S. 2021. Autisme: Konsep Yang Sedang Berkembang. Jurnal Kedokteran Trisakti.

Mahardani, D. Y. 2016. Kemampuan Komunikasi Dalam Berinteraksi Sosial Anak Autis Di Sekolah Dasar Negeri Bangunrejo 2. Revista Brasileira de Ergonomia. 9(2): 584-591.

Mifzal, A. 2012. Strategi Pembelajaran Anak Kurang Berprestasi. Javalitera.

Ndari, S. S., Vinayastri, Amelia, & Masykuroh, K. 2018. Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. Edu Publisher.

Nurfadhillah, S., Nur Syariah, E., Mahromiyati, M., Nurkamilah, S., Anggestin, T., Ashabul Humayah Manjaya, R., & Muhammadiyah Tangerang, U. 2021. Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) Di Sekolah Inklusi Sdn Cipondoh 3 Kota. BINTANG : Jurnal Pendidikan Dan Sains. 3(3): 459–465. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Nurjanah, S. 2018. Perkembangan Nilai Agama Dan Moral (STTPA Tercapai). Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 1(1): 43–59. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v1i1.177.

Pangestuti, R. 2013. Psikologi perkembangan anak. Surakarta: Amelia Com.

Sipahutar, I. E., & Agustin, N. P. M. E. 2016. Dukungan Keluarga Dalam Merawat Anak Autis. Jurnal Gema Keperawatan. 9(2): 156–161.

Supriani, Y., & Arifudin, O. 2023. Partisipasi Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Plamboyan Edu. 1(1): 95–105. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/326/152.

Susanto, A. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran. Kencana.

Suteja, J. 2014. Bentuk Dan Metode Terapi Terhadap Anak Autisme Akibat Bentukan Perilaku Sosial. Jurnal Edueksos. III(1): 119–133.

Sutiha, Sriwahyuni, S. R., & Ashari, N. 2023. Analisis Permasalahan Anak Autis Di Kelompok B TK Ashabul Kahfi Kota Parepare. Anakta: 1(1): 11–18. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/anakta.v1i1.3301.

Syaputri, E., & Afriza, R. 2022. Peran Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme).
Educativo: Jurnal Pendidikan. 1(2): 559–564. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.78.

Wiyani, N. A. 2014. Buku Ajar Penanganan Anak Usia Dini Berkebutuhan Khusus. Ar-Ruzz Media.
Published
2024-06-30
How to Cite
RUSDANITA, Rusdanita et al. Studi Analisis Karakteristik Perkembangan Sosial Emosional Pada Anak Autis Usia 5 Tahun di PAUD Harsya Ceria Banda Aceh. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 39-48, june 2024. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/47972>. Date accessed: 27 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v5i1.47972.
Section
Articles