Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 4-6 Tahun dengan APE Busy Board Biji-Bijian melalui Teori Belajar Keterampilan Abad 21

  • Salwa Tsabitha Saputra Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rr Deni Widjayatri Univesitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan teori pembelajaran abad 21 untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis pada anak usia dini 4 sampai 6 tahun dengan menggunakan bibit APE Busy Board. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu studi tentang fenomena alam. Metode ini menekankan pada penggambaran nyata tanpa adanya manipulasi dan dilakukan dalam situasi normal. Penelitian ini dilakukan pada anak usia 4,5 dan 6 tahun di JL. 45, Kaujon, Serang Banten dengan menggunakan metode pengambilan data observasi.Aspek yang diukur pada penelitian ini ialah aspek kognitif anak, dimana berpikir kritis merupakan bagian dari kognitif tersebut. Pada penelitian ini anak belajar dan memecahkan masalah melalui cara mendeteksi berat dari biji-bijian yang akan ditimbang pada anak usia 4-5 tahun anak masih membutuhkan bantuan atau pengingat mendeteksi berat dari biji-bijian yang akan ditimbang. Dan untuk anak 6 tahun melakukannya secara mandiri dan konsisten, tanpa perlu contoh atau pengingat untuk mendeteksi berat dari biji-bijian yang akan ditimbang. Pada capaian berpikir kritis anak usia 4 tahun masih membutuhkan demonstrasi atau bimbingan untuk mengkonsepkan arti dari seimbang, lebih berat, dan lebih ringan. Pada usia 5 tahun anak melakukannya secara mandiri dan konsisten, tanpa perlu contoh atau pengingat untuk mengkonsepkan arti dari seimbang, lebih berat, dan lebih ringan. Dan pada usia 6 tahun anak sudah menyelesaikannya secara mandiri.Dan pada capaian berpikir simbolik anak usia 4-6 tahun mampu membandingkan besar atau kecil ukuran biji-bijian yang diambil secara mandiri.

References

Anggraini, G. F., Pradini, S., Sasmiati, S., Haenilah, E. Y., & Wijayanti, D. K. 2020. Pengembangan kemampuan berpikir kritis anak usia dini melalui storytelling di Tk amartani bandar lampung. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana. 1(1): 15-25.

Anugrah, D. P., Chairilsyah, D., & Puspitasari, E. 2021. Pengembangan Media Busy Board untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Hidayah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(3): 10339-10347.

Damayanti, I., Sofyan, H., & Hasni, U. 2023. Pengembangan Media Busy Book Sebagai Media Pembelajaran Karakter Peduli Lingkungan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Innovative: Journal Of Social Science Research. 3(2): 8243-8254.

Dewi, Ayu Citra dkk., 2019. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(1): 18-29.

Fa'izah, A. N., Nugraha, A., Nurunnisa, F., Nasywa, N. T., Zachari, S. T. S., & Widjayatri, R. D. 2023. Strategi Pengembangan Keterampilan Abad 21 Anak Usia 4-5 Tahun: Analisis Bibliometrik Tahun (2016-2023). IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education. 4(1): 15-23.

Imamah, Z., & Muqowim, M. 2020. Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak. 15(2): 263-278.

Imamah, Z., & Muqowim, M. 2020. Pengembangan kreativitas dan berpikir kritis pada anak usia dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM and loose part. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak. 15(2): 263-278.

Itsna, A., Munawar, M., & Hariyanti, D. P. D. 2022. Stimulasi Kemampuan Berfikir Kritis Anak Usia Dini Di Masa Belajar Dari Rumah (BDR). Jurnal Wawasan Pendidikan: 2(1): 32-39.

Karim, M. B., & Wifroh, S. H. 2014. Meningkatkan Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini: 1(2): 103-113.

Kusdiana, M. I. 2016. Peningkatan Kemampuan Pelaksanaan Shalat Melalui Metode Demonstrasi Untuk Anak Autis Kelas Xi Disekolah Khusus Autis Bina Anggita Yogyakarta. Widia Ortodidaktika. 5(12): 1217-1231.

Leonard, L. 2015. Kajian peran konsistensi diri terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 3(2): 97-104.

Mu’min, S. A. 2013. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Al-Ta’dib. 6(1): 89–99.

Murgiyanti, M. 2022. Pengembangan Kreativitas dan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini melalui metode pembelajaran berbasis STEAM dan Loosepart. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Agama. 3(2). 162-175.

Ningsih, P. R., Hidayat, A., & Kusairi, S. 2018. Penerapan problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas III. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. 3(12): 1587-1593. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11799

Nur Annisa, Y., Kartini, W., & Faatinisa, E. 2023. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Steam. Al-Fitrah (Jurnal Kajian Pendidikan Anak Usia Dini). 2(1): 1-14.

Poetri, R. 2019. Penggunaan Alat Permainan Edukatif Puzzle Manipulatif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Kelompok B di RA Al-Ikhlas Aceh Selatan. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri AR-RANIRY.

Putri, D. E. 2019. Penerapan Bermain Besar Dan Kecil Untuk Meningkatkan Konsep Pengukuran Pada Anak di Paud Bukit Pujan Padang Ganting.

R Anjani, N Novianti, C Nuraeni, R Jannah, SWM Nabila, RD Widjayatri. Journal of Early Childhood and Character Education. 3(1): 15-40.

Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. 2020. Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran gerak dan lagu. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1): 832-840.

Syafi’i, I., Chusnah, A., Inayati, N. A., & Sari, L. P. 2021. Strategi Pendidikan dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kritis Anak Usia Dini di Masa Covid-19. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development. 3(1): 33-40.

Syafi’i, I., Chusnah, A., Inayati, N. A., & Sari, L. P. 2021. Strategi pendidikan dalam menumbuhkan kemampuan berfikir kritis anak usia dini di masa Covid-19. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development. 3(1): 33-40.

Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. 2020. Analisis pengembangan literasi sains anak usia dini melalui alat permainan edukatif. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1): 654-664.

Wulandari, D. A., Saefuddin, S., & Muzakki, J. A. 2018. Implementasi pendekatan metode montessori dalam membentuk karakter mandiri pada anak usia dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak. 4(2): 1-19.

Yunita, H., Meilanie, S. M., & Fahrurrozi, F. 2019. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 3(2): 425-432.
Published
2024-06-30
How to Cite
SAPUTRA, Salwa Tsabitha; WIDJAYATRI, Rr Deni. Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 4-6 Tahun dengan APE Busy Board Biji-Bijian melalui Teori Belajar Keterampilan Abad 21. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 13-20, june 2024. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/45052>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v5i1.45052.
Section
Articles