Pengembangan Permainan Anove Sensory Path Untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Lokomotor Anak Usia 4-5 Tahun

  • Salwa Fajriyah Universitas Negeri Surabaya
  • Kartika Rinakit Adhe universitas negeri surabaya
  • Melia Dwi Widayanti universitas negeri surabaya
  • Eka Cahya Maulidiyah universitas negeri surabaya

Abstract

Perkembangan motorik khususnya pada gerak lokomotor tidak hanya terfokus pada individu, namun juga mengkaji tentang pentingnya lingkungan tempat individu bergerak dan tugas atau kesempatan yang dapat dipilih untuk dilakukan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan permainan Anove Sensory Path untuk meningkatkan kemampuan gerak lokomotor anak usia 4-5 tahun, serta untuk mengevaluasi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan permainan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluate). Hasil validasi dari ahli materi, diperoleh presentase sebesar 90,62% dan hasil validasi dari ahli media menunjukkan presentase sebesar 93,18% sehingga permainan termasuk dalam kriteria baik sekali. Hasil uji kepraktisan produk permainan anove sensory path dilakukan analisis menggunakan metode n gain score dengan perolehan rata-rata 0,9. Nilai ini termasuk dalam kriteria ≥0,7. Hal ini menunjukkan bahwa permainan anove sensory path memiliki tingkat kepraktisan yang tinggi. Adapun hasil analisis keefektifan menggunakan uji Wilcoxon dengan menggunakan SPSS 22 diperoleh nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Dengan demikian, karena nilai p < 0,05 atau < 0,005, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari permainan anove sensory path terhadap peningkatan kemampuan gerak lokomotor anak usia 4-5 tahun

References

Andini, Y. T., & Widayanti, M. D. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di TK Bias Yogyakarta. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam, 4(2), 206.
https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v4i2.424

Ardini, P. P., & Lestariningrum, A. 2018. Bermain & Permainan Anak Usia Dini. In Adjie Media Nusantara (p. 3).

Asfinolia, & Jafar, E. S. 2022. Penerapan Sensory Path dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 4 – 5 Tahun JEPKM : 1(2), 60–66.

Damayanti, A. P., & Adhe, K. R. 2023. Indonesian Journal of Instructional Pengembangan Papan Lipat Untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Lokomotor Anak TK A. 4, 1–21.

Derman, A., & Suryana, D. 2022. Pengaruh Permain Pacu Ban Bekas Terhadap Kemampuan Gerak Lokomotor Anak di Taman Kanak-kanak. 6, 16827–16834.

Lestari, G. D., Adhe, K. R., & Al Ardha, M. A. 2019. Children Motor Development with Authoritarian Parenting During the Industrial Revolution Era 4.0. 382(Icet), 87–89. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.21

Payne, V. G. 2017. Human Motor Development. In Human Motor Development. https://doi.org/10.4324/9781315213040

Qoyyimah, A. N., & Maulidiyah, E. C. 2019. Penerapan Pembelajaran Fisik Motorik Kasar Kelompok a Tk Aisyiyah Bustanul Athfal VIII Kebalandono Babat Lamongan. Jurnal PAUD Teratai Vol, 1–6. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud- teratai/article/view/29437

Reswari, A., Lestaningrum, A., Iftiah, S. L., & Pangastuti, R. 2022. Perkembangan Fisik dan Motorik Anak (Child Physical and Motoric Development) (Syofrianisda (ed.)).

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.

Syafrina, R., & Adiningsih, V. E. 2020. Efektivitas Bermain “Lego” Untuk Eningkatkan Perkembangan Kognitif Berpikir Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun. Motiva Jurnal Psikologi, 3(1), 19.
https://doi.org/10.31293/mv.v3i1.4797

Tibyani, P., & Adhe, K. R. 2021. Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Tiktok Untuk Menstimulasi Fisik Motorik Kasar Pada Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai. 10 (2), 67–82.

Wahidah, A. S., & Sulistyani, I. 2022. Penerapan Alat Permainan Edukatif Sensory Path Dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Kognitif Anak Kelompok A (Usia 4-5 Tahun) Di TK PGRI 3 Ngawi Ds. Mangunharjo Kec. Ngawi Kab. Ngawi. 7 (1), 25–40.

Webster, E. K., Martin, C. K., & Staiano, A. E. 2019. Fundamental motor skills, screen- time, and physical activity in preschoolers. Journal of Sport and Health Science, 8(2), 114–121.
https://doi.org/10.1016/j.jshs.2018.11.006

Widayanti, M. D. 2020. Faktor Orang Tua dalam Memilih Taman Kanak-Kanak Bagi Anak Usia Dini. SALIHA : Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 8 (75), 147–154. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0:

Widayanti, M. D., & Abidin, M. Z. 2020. Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Metode Proyek Untuk Guru TK. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 164.
https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7222
Published
2023-06-30
How to Cite
FAJRIYAH, Salwa et al. Pengembangan Permainan Anove Sensory Path Untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Lokomotor Anak Usia 4-5 Tahun. JECER (journal Of Early Childhood Education And Research), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 29-43, june 2023. ISSN 2774-2164. Available at: <https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ECEJ/article/view/39679>. Date accessed: 19 may 2024. doi: https://doi.org/10.19184/jecer.v4i1.39679.
Section
Articles