Miskonsepsi Baca Tulis Hitung (Calistung) pada Jenjang PAUD
Abstract
Pada praktiknya penguasaan calistung bukan bersifat konsep dasar namun penguasaan calistung digunakan sebagai indikator anak memiliki kecerdasan, standar masuk di sekolah favorit dan gengsi orang tua. Praktik pengajaran calistung sangat meresahkan karena dilakukan tidak sesuai jenjang usia anak dengan cara melakukan pemaksaan pada anak. Tujuan dari penelitian ini adalah menguraikan berbagai miskonsepsi Calistung di jenjang PAUD dan pentingnya mengakhirinya. Metode penelitian mengunakan literature review dengan mengkaji artikel-artikel terkait. Hasil penelitian menunjukan bahwa miskonsepsi pada PAUD diantaranya pembelajaran di lembaga atau satuan PAUD fokuss pada calistung, kemampuan calistung dianggap sebagai satu-satunya bukti keberhasilan belajar dan dibangun secara instan, dan tes calistung masih diterapkan sebagai syarat masuk SD. Miskonsepsi harus diakhiri karena pendidikan pada lembaga PAUD sebaiknya fokus pada pengembangan karakter.
References
Darnis, Syefriani 2018. Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana, 1(1):1-10
Gunawan, R. 2017. The Role of Character Education for Early Children in Early Childhood Education Programs in Happy Kids Bogor Indonesia. 66(Yicemap), 23–26.
H.G. Tarigan Djago Tarigan. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Istiyani, D. 2014. Model Pembelajaran Membaca Menulis Menghitung (Calistung) pada Anak Usia Dini Di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Penelitian, 10(1). https://doi.org/10.28918/jupe.v10i1.351
Julianingsih, D., & Isnaini, I. D. 2022. Sosialisasi Belajar Calistung Pada Anak Usia Dini Bersama Orang Tua Hebat. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.53299/bajpm.v2i1.110
Lestari, D. P., Ibrohim, I., & Kustiah, S. 2021. Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Melalui Permainan Outdoor di Kelompok B TK Islam Al Jihad Johar Baru, Jakarta Pusat. Seulanga: Jurnal …, 27–40. https://ejurnal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/seulanga/article/view/1355
Pancaningrum, N. 2016. Pengenalan baca tulis bagi anak usia dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(2), 230–245.
Purnama, S., & Multahada, A. 2016. Variasi Media Dalam Menajarkan Calistung Di Raudlatul Athfal Babul Jannah Sambas. Al Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 1–12. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/alathfal/article/view/1263
Rachman, Y. A. 2019. Mengkaji Ulang Kebijakan Calistung Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 2(1), 14–22.
Rahayu, N. 2018. Learning of “Calistung” (Reading, Writing, and Calculating) for Early Childhood. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 58–63. http://dx.doi.org/10.32505/atfaluna.v1i2.922
Retnawati, H. 2015. Perbandingan Estimasi Kemampuan Laten Antara Metode Maksimum Likelihood Dan Metode Bayes. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(2), 145–155. https://doi.org/10.21831/pep.v19i2.5575
Septiana, I., Asropah, A., & Ripai, A. 2021. Miskonsepsi Guru pada Pemahaman Materi Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Kalimat. Jurnal Pendidikan Bahasa, 10(2), 106–117. https://doi.org/10.31571/bahasa.v10i2.2739
Slamet Suyanto. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Hikayat Publishing.
Suparno. 2005. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Grasindo.
Susanto Ahmad. 2014. Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prendamedia Group.
Syaiful Bahri Djamarah. 2005. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. PT Rineka Cipta.
Wafiyah, N. 2012. Identifikasi Miskonsepsi Siswa dan Faktor-Faktor Penyebab pada Materi Permutasi dan Kombinasi di SMA Negeri 1 Manyar. Gamatika, 2(2), 128–138.
Yuliani Nuraini Sujiono. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak usia Dini. Indeks