Pemerolehan Sintaksis pada Anak Usia Dini
Abstract
Anak usia dini merupakan usia awal pembentukan kebiasaan pada anak, termasuk dalam pemerolehan bahasa yang biasa digunakan dalam keseharian anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tuturan pemerolehan sintaksis pada anak usia dini, dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik wawancara, dan perekaman dilengkapi dengan catatan lapangan. Pada tataran sintaksis, seorang anak usia 4 tahun 5 bulan dan seorang anak usia 3 tahun 9 bulan pola kalimat yang dihasilkan sangat sederhana, kalimat yang dihasilkan masih tidak lengkap, Penggunaan satu kata dan dua kata masih sering digunakan oleh anak-anak, pengucapannya masih belum sempurna, tetapi sudah mampu menghasilkan kalimat berita (deklaratif), kalimat perintah (imperatif), dan kalimat tanya (interogatif) secara sederhana. Pada analisis sintaksis ini menunjukkan bahwa anak usia dini sudah mampu menghasilkan kata maupun kalimat dalam setiap kegiatannya meskipun pola kalimatnya masih belum lengkap. Hal itu dapat dibuktikan dari tuturannya sehari-hari dengan lawan tuturnya yaitu dari keluarga anak tersebut maupun dari lingkungan sekitar. Dalam proses pemerolehan Bahasa yang terjadi pada anak usia dini, kosa kata akan lebih banyak terbentuk dari keluarga
References
Fahmi, Z. (2022). Pemerolehan Sintaksis Pada Anak Usia 3 Tahun (Suatu Kajian Neuro Psikolinguistik). Jurnal Obor Penmas: Pendidikan Luar Sekolah, 4(1). http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/OBORPENMAS/article/view/4138
Hutabarat, I. (2018). Pemerolehan Sintaksis Bahasa Indonesia Anak Usia Dua Tahun Dan Tiga Tahun Di Padang Bulan. Jurnal Darma Agung, XXVI, 661–676. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/74
Impuni. (2012). Pemerolehan Sintaksis Anak Usia Lima Tahun melalui Penceritaan Kembali Dongeng Nusantara. Jurnal Penelitian Humaniora, 13, No.1(1), 30–41.
Maryani, K. (2018). Pemerolehan Sintaksis pada Anak Usia 3, 4, dan 5 Tahun. Jurnal Pendidikan Karakter “JAWARA” (JPKJ), 4(1), 41–47.
Nugraheni, L., & Ahsin, M. N. (2021). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Dini di Desa Hadiwarno Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 375–381. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1025
Rafiyanti, F. (2021). Pemerolehan Morfologi Dan Sintaksis Pada Anak Usia 2-4 Tahun (Kajian Psikolinguistik). Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 53–62. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4524
Rahmawati, Y. (2020). Analisis sintaksis pemerolehan bahasa anak usia 2,1 tahun. Jurnal Sastra Indonesia, 9(3), 158–164. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i3.42793
Shanty, A. D., & Dewi, A. C. (2021). Analisis Fonemik Dan Sintaksis Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Qurrota A’yun 01 Kota Pekalongan. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 169–176. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/assibyan/article/view/4951
Witdianti, Y. (2018). Pemerolehan Bahasa Anak Aspek Kajian Sintaksis Pada Anak Usia 2,6-2,8 Tahun (Sebuah Studi Kasus). 1, 430–439.