Pengembangan Media Bongkar Pasang AUHU (Audio Huruf) Dengan Metode Bermain Untuk Mengenalkan Huruf Pada Anak
Abstract
Pengenalan huruf tahap awal untuk kemampuan membaca dan menulis pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media bongkar pasang AUHU (Audio Huruf) untuk mengenalkan huruf anak. Peneliti menggunakan model pengembangan Borg and gall untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifannya. penelitian dilakukan di salah satu lembaga Lamongan dengan kriteria anak usia 5-6 tahun. Dan sampel penelitian sebanyak 8 anak. Peneliti mengumpulkan data dengan cara menggunakan angket untuk mengukur kelayakan media bongkar pasang AUHU (Audio Huruf). Teknik analisis yang digunakan yaitu teknis analisis kuantitatif dan analisis kualitatif dengan mengacu pada kriteria kelayakan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dari media bongkar pasang AUHU (Audio Huruf) dari ahli media yaitu 83% dengan predikat “Sangat Baik”, validator responden 83% dengan predikat “Layak, tidak perlu revisi”, uji coba permulaan 57% dengan predikat “Kurang baik”, uji coba lapangan utama 97% dengan predikat “Sangat baik”.
References
Hasnawati, Anizar Ahmad, Johari Efendi. 2016. Implementasi Permainan Bongkar Pasang dalam Melejitkan Berbagai Aspek Perkembangan Anak Usia Dini Pada PAUD IT Ar-Rahmah Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1): 19-28
Mutiah, D. 2016. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta:Prenada Media Group.
Muzammil, 2014. Fasilitas Belajar Di Sekolah http://economicsjurnal. blogspot.com/2010/09/fas fasilitas-belajar.html.
Nurgiyantoro, B. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Otto, B. 2015. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.
Patmonodewo, Soemiati. 2014. Pendidikan Pra Sekolah. Jakarta: Erlangga.
Ramansyah, W.2018, Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran. Bangkalan: UTM Press.
Rasyid Harun, dkk. 2013. Assesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gama Media.
Susanti, Sri., Waridah., Kartini. 2021. Penerapan Metode Bermain Kartu Huruf Bergambaruntuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Di TK Tunas Jaya. Jurnal Masa Keemasan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1): 1-5